Mobileye Bikin Pengemudi Disiplin Berlalu Lintas

Jum'at, 20 Maret 2015 - 15:02 WIB
Mobileye Bikin Pengemudi Disiplin Berlalu Lintas
Mobileye Bikin Pengemudi Disiplin Berlalu Lintas
A A A
JAKARTA - Kabar menarik bagi anda yang peduli terhadap keselamatan pribadi, keluarga dan orang lain. PT Bina Putera Sejati (BPS) menawarkan perangkat yang mampu mencegah kecelakaan dengan memperbaiki perilaku pengemudi.

Alat tersebut bernama Mobileye, cara kerja alat ini mirip mata yang memantau situasi jalan raya dengan mengidentifikasi potensi situasi yang berbahaya. Mobileye kemudian memberikan peringatan dini dalam bentuk visual, audio dan getaran.

"Ada 6 fitur utama di Mobileye yang mampu memberi peringatan dini. Fitur tersebut dirancang agar dapat memperbaiki perilaku pengemudi menjadi disiplin berlalu lintas," ujar Sales & Operation Director PT BPS Louis Daniel Woen di acara INAPA 2015, Jumat (20/3/2015).

Fitur pertama adalah FCW (Forward Collision Warning), yang memperingatkan pengemudi untuk menginjak rem. Layar kecil yang terdapat di Mobileye akan memperingatkan waktu tabrakan jika pengemudi sudah terlalu dekat dengan mobil didepannya.

"FCW diatur menggunakan waktu bukan jarak. Alat akan berbunyi jika terdeteksi tabrakan dalam waktu 3 detik. Tapi jika terlalu jauh, dapat diatur waktunya. Bisa 2 detik atau 1 detik sebelum tabrakan," imbuhnya.

Fitur kedua bernama PCW (Pedestrian Collision Warning), fitur ini mirip dengan FCW, hanya saja objek yang jadi perhatian ialah penyebarang jalan atau pesepeda. PT BPS menjamin Mobileye akurat menbedakan objek mati dan hidup.

"Sensor kamera merekam dan membaca kondisi sekitar. Alat ini sebetulnya ada di mobil-mobil papan atas, namun kami hadirkan kembali agar dapat dipakai semua orang. Harganya Rp12,5 juta dengan garansi 1 tahun," tutur Louis.

Fitur ketiga ialah LDW (Lane Departure Warning), yang memperingatkan pengemudi jika berpindah jalur tanpa menyalakan lampu sein, HMW (Headway Monitoring Warning), ditur keempat yang dirancang untuk berkendara di jalur padat atau macet.

"Fitur kelima adalah IHC (Intelegent High Beam Control), yang otomatis menyalakan lampu jauh jika jalan yang dilewati sangat gelap dan fitur keenam SLI (Speed Limit Indication) atau indikasi batas kecepatan," pungkasnya.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2277 seconds (0.1#10.140)