Mengeluarkan Gelembung Udara dan Mengganti Minyak Rem

Minggu, 29 Maret 2015 - 16:50 WIB
Mengeluarkan Gelembung Udara dan Mengganti Minyak Rem
Mengeluarkan Gelembung Udara dan Mengganti Minyak Rem
A A A
BILA mengalami rem caram kurang pakem, jangan langsung mengganti kampas remnya. Bisa jadi oli atau minyak rem mungkin berkurang atau telah tercampur dengan udara.

Fungsi daraipada minyak rem dalam sistem rem cakram sebagai penyalur tenaga dari tuas rem ke kaliper rem untuk mendorong kampas rem. Bila volumenya kurang, sudah pasti kinerja rem tidak maksimal.

Namun, bisa juga meski volume minyak masih banyak tapi rem tidak pakem. Hal seperti ini biasanya disebabkan adanya udara palsu yang berada di dalam sistem.

Sifat udara yang kompresibel membuat gaya dari tuas rem tidak diteruskan secara maksimal. Sehingga kampas rem tidak mencengkram secara baik.

Untuk mengatasi hal ini caranya dengan melakukan bleeding atau mengeluarkan udara dari sistem rem. Perlu beberapa tahap untuk melakukan hal ini.

1. Siapkan selang transparan dan pasang pada baut nepel di kaliper.
2. Tekan tuas rem secara berulang-ulang dan tahan
3. Kendorkan baut nepel maka minyak rem bersama udara akan keluar.
4. Kencangkan kembali baut nepel.
5. Lakukan langkah diatas sampai udara habis.

Cara diatas dilakukan ketika rem anda tidak pakem akan tetapi kampas rem masih tebal. Minyak rem bisa bertahan dalam waktu yang lama, penggantian minyak rem sebaiknya dilakukan setiap 20.000 Km.

Yang penting harus selalu mengecek volumenya, dan yang baik berada diantara garis lower dan upper pada master rem. Jika ternyata volume minyak rem dibawah garis lower sebaiknya di isi. Cara mengganti minyak rem sepeda motor:

1. Langkah pertama bukalah kedua buah baut pada master rem, lalu pasang selang pada baut nepel lalu kendorkan.
2. Biarkan minyak rem mengalir lalu kencangkan kembali bautnya, lalu tuangkan minyak rem baru pada master rem.
3. Lakukan proses bleeding agak minyak tidak tersisa.
4. Jangan lupa pastikan volume minyak rem berada diantara garis lower dan upper, lalu kencangkan kembali tutup master dan pasang kedua buah bautnya.

Awas, dalam menuangkan minyak rem harus diperhatikan, berhati-hatilah saat menuangkan jangan sampai mengenai cat motor karena bis mengelupas atau rusak. Selamat mencoba.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8298 seconds (0.1#10.140)