Empat Hal Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap

Rabu, 01 April 2015 - 23:59 WIB
Empat Hal Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap
Empat Hal Penyebab Knalpot Motor Mengeluarkan Asap
A A A
BILA mengalami hal knalpot motor injeksi Anda mengeluarkan asap putih atau bahkan hitam jangan panik. Karena beberapa kasus hanya masalah ringan tidak ditimbulkan dari kerusakan pada komponen.

Penyebab motor berasap hitam pekat dikarenakan pembakara tidak sempurna. Warna hitam tersebut ditimbulkan karena bahan bakar terlalu banyak.

Gas tersebut merupakan gas beracun yang timbul karena banyak bahan bakar yang tidak ikut terbakar. Solusinya lakukan setting ulang CO, mengatur atau menyetel campuran antara bahan bakar dan udara. Seperti halnya pada karburator yang bisa dilakukan dengan memutar baut air ratio.

Jika motor mengeluarkan asap putih berarti oli pelumas ada yang ikut terbakar. Jika ini terjadi ada 4 penyebab utama yakni ring pisto aus, klep bocor, sil klep keras dan piston baret. Sebenarnya baik motor injeksi maupun yang masih menggunakan karburator, 4 hal tersebut bisa terjadi dan cara mengatasinya pun sama.

Bila harus diganti, sebaiknya bawalah kebengkel, karena untuk melepas atau memasang menggunakan alat serta perlu adanya keahlian khusus. Jika tidak diganti dikhawatirkan kerusakan akan merembet ke komponen yang lain.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6336 seconds (0.1#10.140)