Asus ZenFone 2 Vs HTC One M8s

Selasa, 21 April 2015 - 11:03 WIB
Asus ZenFone 2 Vs HTC One M8s
Asus ZenFone 2 Vs HTC One M8s
A A A
TAIWAN - Beberapa jam menjelang peluncuran resmi Asus ZenFone 2, kita lihat lebih jauh apa yang akan dibawa ponsel mid-range ini ke tanah air. Selain Asus, HTC juga tampaknya main di kelas yang sama dengan HTC One M8s.

Dikutip dari Culturemob, Selasa (21/4/2015), kedua perusahaan memiliki pendekatan yang sama, yakni menawarkan spesifikasi kelas premium dengan harga "ramah" di kantong. Ada pengorbanan di daerah tertentu, tetapi secara umum, baik Asus ZenFone 2 dan HTC One M8s adalah ponsel yang sangat layak dengan harga terjangkau. Berikut perbandingan antara Asus ZenFone versi ZE551ML dengan HTC One M8s dari berbagai sisi:

Desain dan Tampilan

Pada bagian desain, One M8s bisa dibilang lebih unggul. Sementara Asus, menampilkan ponsel dengan lapisan logam dan plastik yang membalut bodi sebagai finishing ZenFone 2. Sedangkan bodi HTC One M8s dibalut dengan bahan dari metal penuh.

Perbedaan juga terletak pada posisi tombol. Asus telah menempatkan tombol volume di bagian belakang dan tombol power di bagian atas handset. HTC One M8s memiliki tampilan desain Android lebih umum.

Kedua ponsel memiliki layar full HD 1.080 piksel. Tetapi secara ukuran layar, ZenFone 2 memiliki ukuran layar lebih besar yakni 5,5 inci. Sedangkan One M8s memiliki layar 5 inci.

Hardware dan Sistem Operasi

Beda lagi jika bicara soal hardware. One M8s memiliki prosesor inti octa. Kedua handset memiliki chipset 64-bit, dengan HTC menggunakan Snapdragon 815 dalam One M8s. Sementara Asus menggunakan chipset Intel untuk ZenFone 2.

Namun, perbedaan jelas terlihat dari core, M8s memiliki delapan core, dan ZenFone 2 memiliki empat. Di sisi lain, perangkat Asus adalah yang pertama dan satu-satunya handset dengan RAM 4GB, yang merupakan dua kali lipat RAM One M8s.

ZenFone 2 tersedia dengan memori 32GB yang menyatu, sedangkan perangkat HTC menawarkan pilihan memori 16 atau 32GB. Kedua ponsel mengoperasikan Android 5.0 Lollipop, tapi One M8s murni menjalankan sistem operasi tersebut, sementara Asus telah merombak user interface ZenUI.

Kamera

Kamera belakang di kedua perangkat berkekuatan 13MP dengan dual LED flash. Tidak ada optical image stabilization di kedua handset.

Kualitas foto sangat mirip. Adapun dari sisi fitur, One M8s memiliki lebih banyak fitur dalam aplikasi kamera. Di bagian depan, ZenFone 2 memiliki kamera berkekuatan 5MP, sedangkan One M8s memiliki sensor ultrapixel yang sebelumnya ada di bagian belakang One M8s.

Perangkat HTC menghasilkan foto lebih baik dengan kamera depan dalam kondisi cahaya rendah, tapi kualitas piksel foto lebih baik dengan ZenFone 2.

Harga

Kedua ponsel memang masuk kategori mid-range, tapi ternyata perbedaan harganya cukup besar. ZenFone 2 dibanderol USD285 atau sekitar Rp3,69 juta. Sedangkan HTC One M8s dibanderol USD450 atau senilai Rp5,83 juta.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 3.6241 seconds (0.1#10.140)