Facebook dan Google Luncurkan Tool, Deteksi Korban Gempa Nepal

Senin, 27 April 2015 - 18:28 WIB
Facebook dan Google Luncurkan Tool, Deteksi Korban Gempa Nepal
Facebook dan Google Luncurkan Tool, Deteksi Korban Gempa Nepal
A A A
NEW YORK - Bencana gempa bumi 7,8 skala richter yang terjadi di Nepal belum lama ini menelan korban jiwa mencapai 2.200 orang. Hal ini membuat Facebook dan Google meluncurkan tool untuk membantu mengetahui kondisi korban gempa bumi Nepal.

Sebuah tool yang disediakan Google bernama People Finder. Fungsinya, masyarakat bisa menemukan informasi tentang seseorang yang ada di area terdampak. Layanan ini pun bisa diakses dengan sms.

Seperti dilansir dari digitaltrends, Senin (27/4/2015), peluncuran tool ini bukanlah pertama kalinya. Saat 2010 peristiwa gempa bumi di Haiti, Google juga meluncurkan tool ini untuk pertama kalinya. Data dari People Finder ini diperoleh dari berbagai informasi yang dikumpulkan baik dari personal ataupun organisasi.

Sedangkan Facebook yang memiliki layanan serupa bernama Safety Check, memungkinkan masyarakat mengetahui kondisi para kenalan yang tinggal di area terdampak. Ini sangat membantu keluarga korban diluar area yang terkena dampak gempa.

Mark Zuckerberg, CEO Facebook mengatakan kalau ada seorang pengguna Facebook yang berada di area terdampak akan ada notifikasi yang menanyakan apakah kondisi pengguna baik-baik saja atau tidak.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9998 seconds (0.1#10.140)