Ini Keluhan terhadap Penyedia Layanan Internet

Rabu, 06 Mei 2015 - 17:54 WIB
Ini Keluhan terhadap Penyedia Layanan Internet
Ini Keluhan terhadap Penyedia Layanan Internet
A A A
JAKARTA - Persaingan bisnis penyedia layanan internet di Indonesia kini semakin ketat. Namun Internet Service Provider (ISP) yang bermain di pangsa retail masih minim, sehingga praktek monopoli tidak terhindari.

“Selama 2014, pengguna internet di Indonesia naik jadi 88,1 juta. Dengan kata lain, penetrasinya mencapai 34,9 persen. Ini menggembirakan tapi seharusnya bisa lebih dari itu," ujar Ketua Umum APJII, Semuel A. Pangerapan dalam konferensi pers di Jakarta, beberapa waktu silam. Pada 2015, diprediksi pengguna internet di Indonesia berjumlah 139 juta.

Persaingan bisnis yang semakin ketat, membuat para pebisnis ISP melakukan diferensiasi terhadap produk serta layanannya. Termasuk dengan diferensiasi pada biaya berlangganan.

Banyak ISP yang menawarkan biaya berlangganan yang murah, tetapi ternyata layanannya mengecewakan. Tidak hanya itu, tapi banyak permasalahan lain muncul yang dikeluhkan oleh pelanggan.

Berikut adalah beberapa keluhan pelanggan terkait dengan layanan internet yang mereka gunakan:

1. Informasi simpang siur mengenai biaya berlangganan


Pada saat ditawarkan tim marketing harganya bisa menjadi sangat murah, tetapi ketika dikonfirmasi ke customer care ternyata berbeda. Bahkan ketika di cek ke website ISP tersebut, harga biaya berlangganan pun tidak dicantumkan. Hal tersebut sering kali membuat calon pelanggan merasa kecewa karena informasi yang diterima tidak jelas dan simpang siur, hingga membuat pelanggan merasa tertipu.

Menyikapi hal tersebut, MNC Play Media (MNC Play) berkomitmen memberikan informasi yang jelas kepada pelanggan, serta menghindari kesimpangsiuran. “Harga yang kami tawarkan sama dari kota ke kota sehingga tidak membingungkan pelanggan kami", ujar Salvona Situmeang, Business Operation Director MNC Play.

2. Waktu instalasi yang tidak jelas


Tidak sedikit pelanggan mengeluh karena teknisi yang dijadwalkan datang tidak kunjung datang. Tetapi tidak ada informasi dari customer care atau tim marketing yang menghubungi terkait kejelasan waktu pemasangan.

Agar tidak terjebak dengan permasalahan yang sama, MNC Play memberikan jaminan (SLG). Untuk aplikasi pemasangan sebelum jam 12 siang, akan diinstalasi pada H+1 dan lewat dari jam 12 siang, akan diinstalasi pada H+2, Dengan kondisi, daerah rumah pelanggan sudah tercover oleh jaringan fiber optic MNC Play.

MNC Play juga akan memberikan kepastian, jika ada kendala dalam penjadwalan kedatangan teknisi. Tim marketing atau customer care MNC Play akan menghubungi calon pelanggan ke nomor yang telah didaftarkan.

3. Penanganan keluhan customer yang lamban dan tidak informatif


Ketika terjadi gangguan, pelanggan pasti akan menghubungi customer care. Beberapa pelanggan mengeluhkan lambannya respon terhadap keluhan yang telah dilaporkan, bahkan tidak sedikit yang merasa dilempar-lempar dalam ketidakjelasan. Tidak sedikit juga pelanggan yang akhirnya mengeluh di media sosial karena merasa diperlakukan dengan tidak profesional.

Sama seperti instalasi, MNC Play menetapkan jaminan (SLG) yang sangat ketat untuk penanganan gangguan. Paling lambat H+1 dari keluhan pelanggan disampaikan.
Customer care MNC Play 1500-121, memastikan bahwa semua keluhan pelanggan atau pun permintaan pelanggan akan teratasi dengan baik. Customer care MNC Play juga dapat dihubungi melalui email di ccare.playmedia@mncgroup.com.

“Kemudahan pelanggan dalam mengakses informasi juga pelayanan yang prima, merupakan prioritas kami terhadap pelanggan MNC Play. Hal ini tentunya dilakukan tidak hanya untuk mendapatkan pelanggan baru, tetapi juga untuk meningkatkan hubungan dengan pelanggan yang ada”, pungkas Business Operation Director MNC Play, Salvona Situmeang.
(dyt)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0604 seconds (0.1#10.140)