alexametrics

Tips Touring Aman bagi Para Bikers

loading...
A+ A-
JAKARTA - Hari libur merupakan waktu yang sangat ditunggu-tunggu oleh semua orang, terlebih oleh para bikers. Pasalnya waktu senggang seperti ini kerap kali di jadikan para bikers untuk mengadakan touring ke berbagai tempat menarik.

Sebelum melakukan perjalanan jauh, mengecek kesiapan tunggangan sudah pasti merupakan sebuah hal yang mutlak. Akan tetapi, bagaimana etika berkendara yang seharusnya dipatuhi saat melakukan touring.

Dalam menghadapi libur panjang, Anggota Patwal Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Umar Suhartono, coba berbagi sedikit tips berkendara aman saat melakukan touring.

"Sebenarnya dalam melakukan konvoi atau touring itu ada aturannya. Jika peserta banyak, iring-iringan harus di bagi dalam beberapa kelompok. Jangan jalan sekaligus karena dapat mengganggu para pengguna jalan lainnya," ujar Umar, baru-baru ini, Kamis (5/5/2016).

Dia menambahkan, setiap kelompok maksimal terdiri dari 10 sepeda motor. Selain itu, posisi iring-iringan tidak boleh sejajar, jadi harus dalam keadaan zikzak. Hal ini perlu dilakukan guna menghindari terjadinya tabrakan beruntun.

Selain beberapa hal tersebut, hal lain yang perlu diperhatikan adalah jarak antar pengendara. Pasalnya hal ini sering kali diabaikan para bikers saat melakukan touring. "Pastikan kendaraan berada pada jarak aman, normalnya itu jarak minimal 3-5 meter. Selain itu, demi keselamatan sebaiknya kecepatan kendaraan tidak lebih dari 70km," tutupnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top