Perjalanan Yamaha RX Series di Indonesia

Senin, 04 Juli 2016 - 22:02 WIB
Perjalanan Yamaha RX Series di Indonesia
Perjalanan Yamaha RX Series di Indonesia
A A A
JAKARTA - Kalau bilang Motor 2 Tak tentunya Yamaha lah jagonya. Terbukti semua motor 2 tak keluaran Yamaha menjadi legenda salah buktinya adalah yamaha RX King yang hingga saat ini masih banyak peminatnya walau motor ini telah disuntik mati tahun 2009 silam.

Dengan mengitip dari berbagai sumber, Sindonews coba mengupas sedikit satu-persatu Yamaha RX Series, mulai dari jenis RX pertama kali pada tahun 70an. Bahkan kabarnya Yamaha beberapa kali sempat mempertimbangkan untuk menghidupkan kembali Yamaha RX dengan alasan peminatnya tak pernah sepi. Kita kupas dimulai dari:

1. Yamaha RX 125 Twin

Selain RX 125 single silinder, Yamaha Indonesia dulu juga menjual versi twin silinder dari RX 125 ini. Tetapi mengadopsi dari varian Yamaha RD 125 hanya saja begitu masuk Indonesia namanya dirubah, karena varian RX lebih dikenal di Indonesia.

Namun karena motor twin silinder membutuhkan extra perawatan daripada 1 silinder, maka tak heran kalo varian twin ini susah ditemui di jalanan. Sepertinya ini adalah varian Yamaha RX pertama masuk, karena RX 100 baru muncul tahun 1977.

Motor buatan tahun 1976-1979, motor ini mengusung mesin 2 tak 2 silinder, maksimal power 16 hp @ 8.500 rpm dan maksimal torsi sebesar 1.3 kg-m @ 8.000 rpm yang tersalurkan melalui 5 percepatan.

2. Yamaha RX 100

Kemudian tahun 1977, seri "RX" hadir lagi, tapi dengan kapasitas mesin tetap 100cc. Tapi nama "RX" rupanya nama yang sakti. Nama ini akhirnya menjadi nama yang melegenda di Indonesia, karena perjalanannya yang panjang dan Yamaha "RX", tetap memiliki penggemar tersendiri sampai saat ini. Motor ini bertahan hingga tahun 1981.

Meskipun bermesin kecil namun mampu memuntahkan tenaga hingga 11,5bhp pada kitiran 7.500rpm khas motor overstruk yang tidak bisa teriak sampai rpm tinggi.

3. Yamaha RX 125 Engkel

Tahun 1979 hadir kembali versi RX 125, kali ini bermesin satu silinder, lebih ringan, lebih bertenaga dan cepat disukai orang. Penampilannya lumayan sangar ditambah suara knalpotnya yang merepet pedas menjadi ciri khas Yamaha RX125 engkel pada era 80-an.

Yamaha RX 125 engkel ini banyak memiliki penggemar dan pemakainya pun sangat banyak pada masanya, selain itu motor inipun dianggap motor kencang. Motor ini bertahan hingga tahun 1983 dan lebih laris ketimbang pendahulunya RX 125 Twin yang memakai mesin 2 silinder.

4. Yamaha RX-K 135

Yamaha rupanya terus mengembangkan versi "RX" dengan mengeluarkan Yamaha RX-K yang berkapasitas 135cc pada thaun 1980. Kapasitas mesin membengkak menjadi 135cc. Inilah yang jadi cikal bakal Yamaha RX King di kemudian hari. Yamaha RX-K adalah tunggangan yang keren pada masa itu. Motor ini didatangkan secara CBU langsung dari Jepang sono. Dengan kapasitas mesin 135cc tentunya mudah bagi kuda besi ini untuk melibas saingan-saingannya. Motor ini bertahan hingga tahun 1983.

Yamaha RX-K ini dianggap kurang laku dan kurang cocok untuk pasar Indonesia, makanya motor ini hanya berumur singkat saja. Dibekali mesin 135cc 2-stroke, Cylinder 1 tegak, Max. power 17,5 hp @ 7500 rpm. Dari segi desain lampunya motor ini tergolong mewah karena dilengkapi cover lampu layaknya motor balap.

5. Yamaha RX-S 115

Selain RX-K, Yamaha terus menggeluarkan seri RXnya yang ternyata banyak macamnya, setelah RX125. lalu RX100, kemudian RX-K dan diteruskan dengan RX-S di tahun 1981. Hal ini agak membingungkan para pengguna motor di Indonesia karena banyak sekali versi "RX" yang keluar. Penampilan RX-S sendiri mirip dengan Yamaha RX-K, hanya warnanya yang lebih menarik dan kapasitas mesin mengerut menjadi 115cc. Inilah cikal bakal RX-Special dikemudian hari. Nah RX-S ini bokap ane pernah punya saat ane masih umur 6 tahun gan. RX-S ini didatangkan langsung secara CBU dari Jepang, namun sayangnya umurnya pendek dari mulai dijual 1981 hingga 1983.

6. Yamaha RX Spesial

Tahun 1983 Yamaha Indonesia terus mengeluarkan seri "RX"nya. kali ini diberi nama "Special" . Nama Istilah Special yang disandangnya agak membingungkan juga, special sebagai lanjutan RX-S atau special punya makna lain. Dari komentar yang pernah menunggangi RX-Special ini, katanya motor ini benar-benar lincah dan sangat bertenaga.

7. Yamaha RX King

Inilah motor abadi sepanjang masa yakni RX King. Dan memang di awal kemunculannya sepedamotor ini menjadi "raja" jalanan, alhasil pencopet dan penjambretpun suka mengendarai si raja ini.

Dengan kapasitas mesin 135cc, RX King masih unggul, terutama di tarikan awal hingga saat ini. Hampir semua orang mengenal motor Yamaha RX King, si raja jalanan, si jago merepet dan raja kebul dengan suara brisiknya memekakkan telinga orang di dekatnya.

Saat ini Yamaha RX King ini sudah tidak dikeluarkan lagi oleh pabrikan Yamaha Indonesia. Selain sudah mulai jarang terlihat di jalanan. Yamaha RX King ini termasuk lama melakukan perjalanannya di Indonesia, sejak tahun 1980 sampai lewat tahun 2010-an.

8. Yamaha RXZ

Species baru dari Yamaha inilah yang layak disebut "raja" di masa 90-an. Memiliki tenaga kuda sebesar 21 hp tentunya sangat mengerikan buat yang mencobanya. Kapasitas mesin 135cc dengan raungan mesin dan suara knalpot yang dahsyat, menggetarkan saingan-saingannya. Karena kesuksesan dan kedahsyatannya Yamaha RX-Z ini pun dalam 4 tahun hadir sebanyak 4 generasi.

9. Yamaha RZR

Tahun 1988 Yamaha menggebrak mengeluarkan senjata barunya yaitu Yamaha RZ-R. Kapasitas mesin 135cc adalah cc yang besar. Dan tentunya Yamaha RZ-R menjadi sepedamotor yang disegani pada masa itu.Yang menakutkan adalah motor ini sanggup menghasilkan max power sebesar 20 daya kuda.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9402 seconds (0.1#10.140)