Tahun 2017 Semua Motor di Eropa Harus ABS

Senin, 19 Desember 2016 - 14:52 WIB
Tahun 2017 Semua Motor di Eropa Harus ABS
Tahun 2017 Semua Motor di Eropa Harus ABS
A A A
BERLIN - Negara-negara yang tergabung dalam Uni Eropa mewajibkan semua sepeda motor yang terdaftar pada tahun 2017 untuk menggunakan teknologi keselamatan dari PT. Robert Bosch, Anti-lock Braking System (ABS). Tujuanya yakni untuk meminimalisir jumlah korban kecelakaan sepeda motor,

Di Eropa setiap tahun tercatat sekitar 5.000 pengendara sepeda motor yang harus meregang nyawa akibat kecelakaan di jalanan. Atas dasar temuan survei tersebut, pada tahun 2013 Uni Eropa membuat peraturan bahwa semua kendaraan roda dua dengan mesin berkapasitas lebih dari 125cc wajib dilengkapi dengan teknologi ABS.

Seiring dibuatnya varian baru ABS yang lebih ringan, membuat semua jenis sepeda motor dapat menggunakan terknologi tersebut. Sebelumnya, ABS hanya bisa dipasangkan pada sepeda motor gede saja, karena mempunyai berat empat kilogram.

Dengan keluarnya varian baru ini, sepeda motor yang lebih kecil dengan kapasitas mesin lebih dari 50cc juga harus dilengkapi dengan ABS, atau setidaknya menggunakan sistem rem kombinasi, yaitu sistem yang dapat mengerem kedua roda meski hanya satu yang diaktifkan.

Bosch sendiri percaya bahwa ABS dapat menurunkan 25 persen dari keseluruhan kecelakaan sepeda motor yang serius dan fatal.

Sistem keselamatan ini secara aktif mencegah penguncian roda saat dilakukan pengereman, sehingga menjaga sepeda motor tetap stabil dan mengurangi jarak pengereman. Sepeda motor akan berhenti dengan cara yang jauh lebih aman bila terjadi pengereman mendadak atau pada permukaan yang licin.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0561 seconds (0.1#10.140)