alexametrics

Helio X30 Chipset yang Punya Tingkat Efisiensi Daya yang Tinggi

loading...
A+ A-
BEIJING - Produsen perangkat teknologi MediaTek mengumumkan prosesor flagship generasi baru yaitu Helio X30 pada September lalu. Ini sekaligus menegaskan sebagai prosesor mobile pertama di dunia yang menggunakan proses 10nm TSMC.

Tentu chipset ini akan berhadapan dengan chipset Snapdragon 835 yang sama-sama mengusung fabrikasi 10nm. Helio X30 juga digadang-gadang sebagai chipset pertama yang memiliki desain arsitektur tri-cluster hybrid. Chipset Helio X30 juga datang dengan spesifikasi dual-core 2.8GHz Cortex-A73, quad-core 2.3GHz Cortex-A53, quad-core 2.0GHz Cortex-A35 serta menggabungkan GPU PowerVR 7XTP.

Chip ini juga mendukung empat kelompok dari 16-bit LPDDR4X-1866 memori hingga 8GB, penyimpanan UFS 2.1, kamera 28MP, Cat.10 LTE baseband yang mampu mencapai kecepatan download hingga 450Mbps dan masih banyak lagi. Selain itu, Helio X30 juga dikatakan memiliki tingkat efisiensi energi yang lebih tinggi, sangat meningkat secara signifikan dari pendahulunya yang terkenal cukup boros.



Sayangnya bocoran skor benchmark chip Helio X30 ini tidak terlalu mengagumkan. Menurut laporan dari Economic Daily Taiwan, Helio X30 dijadwalkan untuk masuk masa produksi pada kuartal pertama tahun depan dan akan memiliki IC manajemen daya dari anak perusahaan Richtek.

Serta dikabarkan bahwa model smartphone pertama yang mengusung chip Helio X30 akan meluncur ke pasar pada kuartal kedua 2017. Tentu chipset ini akan dimanfaatkan dengan baik oleh Oppo, Vivo, atau Meizu sebagai langganan chipset dari MediaTek, seperti dilansir dari Gizmochina, Selasa (27/12/2016).
(dol)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top