Langkah Sederhana Hindari Pencurian Sepeda Motor

Senin, 20 Maret 2017 - 06:19 WIB
Langkah Sederhana Hindari Pencurian Sepeda Motor
Langkah Sederhana Hindari Pencurian Sepeda Motor
A A A
PENCURIAN sepeda motor sudah bukan menjadi barang baru di Indonesia. Pencurian dapat terjadi dimana saja dan kapan saja tanpa mengenal tempat.

Kehilangan sepeda motor sejatinya dapat dicegah jika pemilik kendaraan mau sedikit teliti terhadap keamanan kendaraan mereka sendiri. Dalam hal ini setidaknya ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar sepeda motor Anda tetap aman dari intaian pencuri.

1. Jangan lupa kunci stang kendaraan Anda. Beberapa kasus pencurian biasanya terjadi karena pemilik terburu-buru lupa mengunci stang. Hal ini membuat pencuri dapat dengan leluasa momboyong motor korban.

2. Kunci suspensi atau sokbreker depan, atau cakram rem dengan gembok yang cukup besar, dan warna cerah digemboknya agar terlihat oleh Anda sehingga tidak lupa membukanya ketika sepeda motor hendak digunakan.

3. Jika habis bepergian dengan pengendara lain, bisa dicoba trik menggunakan gembok yang ditambahkan rantai, lalu mengunci dua roda depan dari kedua sepeda motor dalam satu kunci.

4. Jika motor Anda hanya sendirian dalam suatu tempat, bisa dicoba trik menggunakan gembok yang ditambahkan rantai, lalu kunci dengan menyangkutkan rantainya dengan objek kokoh yang ada di sekitar roda depan sepeda motor Anda, seperti tiang dan lainnya.

5. Fitur penggunaan alarm di sepeda motor juga bisa dicoba, apalagi kini harganya sudah kian terjangkau.

6. Jika tempat Anda memakirkan motor memiliki CCTV, usahakan parkirkan sepeda motor di area yang terpantau CCTV, sehingga pencuri akan berpikir dua kali ketika hendak mencuri sepeda motor Anda.

7. Jika sedang melakukan kegiatan yang tidak terlalu sibuk, usahakan terus awasi sepeda motor Anda secara berkala. Terutama ketika diparkir di tempat yang sepi.

8. Jika diparkir di garasi rumah, pastikan menyimpan motor Anda di area yang sedikit tertutup, bisa di belakang mobil Anda, atau ditutupi dengan perabotan, kursi dan sebagainya dan pastikan pintu garasi Anda terkunci.

9. Beri tanda-tanda unik di bodi atau bagian motor lainnya dengan stiker atau lainnya, dan kemudian abadikan motor Anda dalam foto. Ini akan sangat bermanfaat bagi para penegak hukum ketika melakukan pencarian kehilangan dengan ciri-ciri yang spesifik di motor.

10. Buat sepeda motor Anda sulit untuk dijual kembali jika terjadi pencurian. Misalnya dengan mengakali dan menandai atau memberi identitas beberapa bagian motor yang tidak terlihat, terutama di bagian yang sering dipreteli untuk dijual kembali.

11. Jaga semua surat-surat kendaraan, termasuk BPKB, STNK, asuransi dan lainnya yang akan dibutuhkan jika suatu saat ada masalah pada motor Anda.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9274 seconds (0.1#10.140)