Tahun Depan Augmented Reality Bakal Dibenamkan ke Ratusan Juta Ponsel

Jum'at, 10 November 2017 - 07:30 WIB
Tahun Depan Augmented Reality Bakal Dibenamkan ke Ratusan Juta Ponsel
Tahun Depan Augmented Reality Bakal Dibenamkan ke Ratusan Juta Ponsel
A A A
Ratusan juta smartphone Android diyakini Google akan mampu menghadirkan Augmented Reality (AR) pada 2018.

Google's VP of Business and Operations for Virtual Reality, Amit Singh berbicara di Web Summit di Lisbon, Portugal menyatakan, berkat kerangka pengembangan Google ARCore, AR akan menjadi barang sehari-hari yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia tahun depan.

Sekadar informasi, Augmented Reality adalah teknologi yang dapat menambah dan menggabungkan dunia nyata di sekitar pengguna dengan dunia maya dalam kurun waktu yang nyata, dan dapat berinteraksi. Sehingga hidup menjadi lebih menarik dan bermakna.

"Akan ada ratusan juta ponsel yang akan siap AR. Dan tahap saat ini adalah kami membantu pengembang membangun pengalaman sehingga menjadi kebiasaan sehari-hari," kata Singh saat berbicara di KTT tersebut, Kamis (9/11/2017).

Singh juga membuka peluang untuk memonetisasi konten AR, seperti permainan dan aplikasi belanja. "Augmented Reality (akan menjadi) fitur inti dari sebagian besar Android selama beberapa tahun ke depan," kata Singh.

SDC ARCore Google diluncurkan kembali pada bulan Agustus dan ditujukan untuk pengembangan aplikasi AR pada perangkat tanpa sensor kedalaman khusus. Karena itu, tersedia secara luas dan mudah diakses.

Saat ini baru tersedia di Google Pixel dan Samsung Galaxy S8. Namun pada akhir tahun ini, Google berjanji untuk memiliki ARCore yang berjalan di lebih dari 100 juta perangkat Android di seluruh dunia.

Menyambut datangnya tahun baru, raksasa mesin pencari ini berharap jumlah perangkat yang didukung akan tumbuh menjadi ratusan juta unit. Termasuk ponsel dengan tingkat kemampuan rendah dan menengah.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0474 seconds (0.1#10.140)