Pasar Automotif Masih Bergairah

loading...
Pasar Automotif Masih Bergairah
Pasar Automotif Masih Bergairah
JAKARTA - Sejumlah Agen Pemegang Merek (APM) mencatat kenaikan penjualan pada periode Oktober 2017 lalu. Hasil tersebut mendorong optimisme untuk memasuki pasar tahun depan.

Sejumlah faktor pendorong membaiknya penjualan adalah meluncurnya produk mobil baru dari APM, membaiknya perekonomian nasional, suku bunga acuan yang cenderung turun, serta nilai tukar rupiah yang relatif stabil.

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat, pada periode Januari- Oktober 2017 penjualan domestik mencapai 898.585 unit. Angka tersebut lebih baik dibanding periode yang sama di 2016 di mana penjualan domestik hanya 875.382 unit. Khusus Oktober 2017, penjualan mencapai 94.443 unit atau naik tipis 2,5% dari bulan yang sama tahun lalu 92.106 unit.

"Seperti yang sering saya sampaikan, ada perbaikan kondisi perekonomian nasional yang dampaknya tentu berimbas pada pasar (mobil)," tutur Marketing Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra di Jakarta baru-baru ini.



Dia menegaskan, Suzuki optimistis terhadap pasar automotif tahun depan. Menurutnya, pasar mobil nasional ke depan akan membaik dibandingkan tahun ini. Hal ini sejalan dengan proyeksi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang meyakini penjualan mobil nasional bisa menembus angka 1,1 juta unit sepanjang tahun ini. Sebagai perbandingan, pada 2016 lalu penjualam mobil di Tanah Air mencapai 1.061.859 unit.

“Pertumbuhan ekonomi, suku bunga dan nilai tukar diyakini terus stabil sehingga bisa menjadi pemicu bagi pasar mobil nasional untuk berkembang tahun depan,” tambah Donny.

Optimisme juga disuarakan oleh PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Mitsubihsi meyakini, tahun depan pasar automotif bisa dikatakan sedikit bergairah ketimbang tahun lalu. Hal ini dipicu hadirnya berbagai mobil baru di pengujung tahun.



Diketahui Mitsubishi telah merilis mobil jenis Low Multi Purpose Vehicle (LMPV) Mitsubishi Xpander pada akhir Agustus lalu. Selain itu, beberapa produsen lain juga melakukan pembaruan pada sejumlah produk seperti Toyota Rush dan Daihatsu Terios.
halaman ke-1 dari 4
preload video
KOMENTAR ANDA
Top