Raksasa Teknologi Mulai Berlomba-lomba Kembangkan Kacamata AR

Senin, 15 Januari 2018 - 12:42 WIB
Raksasa Teknologi Mulai Berlomba-lomba Kembangkan Kacamata AR
Raksasa Teknologi Mulai Berlomba-lomba Kembangkan Kacamata AR
A A A
LAS VEGAS - Perangkat kacamata berteknologi Augmented Reality (AR) saat ini baru terhubung dengan smartphone. Tapi di masa depan, AR diprediksi akan terkoneksi dengan banyak hal.

Inilah yang mulai disadari perusahaan teknologi. Dalam perhelatan Consumer Electronics Show (CES) 2018 yang baru saja berakhir, Bloomberg seperti dilansir laman Phone Arena menginformasikan, perusahaan teknologi besar mulai memetakan rencana masa depannya terkait kacamata AR. Beberapa eksekutif perusahaan itu telah bertemu dengan pemasok AR di CES, Las Vegas.

Disebutkan, Apple, Facebook, dan Google bertemu dengan perwakilan perusahaan yang membangun komponen untuk kacamata AR. Dua raksasa teknologi yang berbasis di Korea Selatan, LG dan Samsung, juga ikut memesan suku cadang dari pemasok AR untuk membuat prototipe agar bisa diuji.

Bloomberg mengatakan, perusahaan teknologi kecil seperti Snapchat dan Xiaomi juga tertarik untuk memproduksi kacamata AR. Keduanya pun telah bertemu dengan perusahaan yang dalam laporannya dicirikan sebagai mitra potensial. Apple dikabarkan juga siap meluncurkan kacamata AR-nya pada tahun depan.

Clay Bavor, Kepala unit AR dan VR Google, mengatakan, beberapa terobosan teknologi diperlukan untuk mengecilkan ukuran layar dan optik. CEO Apple Tim Cook juga ikut angkat bicara pada Oktober lalu, bahwa teknologi kacamata AR belum matang dan saat ini belum siap dalam mendukung smartglasses.

"Hampir semua orang sedang menyiapkan produk AR, beberapa akan memimpin, yang lain akan segera menyusul," ungkap Ari Grobman, CEO Lumus.

Quanta, perusahaan tempat Apple merakit produknya seperti Apple Watch dikabarkan juga tengah menyiapkan line produksi baru yang diyakini sebagai kacamata AR. Vice Chairman perusahaan tersebut, CC Leung memprediksi kacamata AR Apple diluncurkan paling lambat tahun 2019. "Perangkat tersebut akan menggunakan rOS (Reality Operating System) dan memiliki kode nama T2888," ujarnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1429 seconds (0.1#10.140)