Bentley Menggoda Anak Muda Kaya

Kamis, 18 Januari 2018 - 10:29 WIB
Bentley Menggoda Anak Muda Kaya
Bentley Menggoda Anak Muda Kaya
A A A
JAKARTA - Bentley menawarkan varian ketiga Bentley Bentayga dengan mesin baru V8 plus turbo ganda. Inilah jawaban Bentley agar mobil tersebut tidak hanya menjadi mimpi siang bolong bagi peminatnya.

Bentley akhirnya melakukan kompromi bagi Bentley Bentayga. Hanya setahun setelah mobil ini dirilis resmi, Bentley akhirnya meluncurkan varian ketiga Bentley Bentayga dengan mesin V8 berkapasitas silinder 4,0 liter plus turbo ganda.

Varian mesin baru ini melengkapi dua varian mesin sebelumnya, yakni mesin W12 bensin turbo ganda dan mesin V8 diesel turbo ganda. Bagi Bentley, kehadiran varian baru ini merupakan bentuk kompromi akibat terlalu jauhnya perbandingan harga antara Bentley Bentayga bensin dengan Bentley Bentayga diesel.

Di negara aslinya, Inggris, Bentley Bentayga bermesin W12 dibanderol di harga 162.700 poundsterling atau setara Rp2,9 miliar, sedangkan Bentley Bentayga V8 diesel ada di kisaran harga 135.800 poundsterling atau setara Rp2,4 miliar. Di Indonesia sendiri Bentley Bentayga W12 telah dipasarkan sejak tahun lalu.

Harganya malah diklaim mencapai Rp10 miliar. Harga ini menjadikan Bentley Bentayga menjadi SUV termahal yang pernah ada di Indonesia. Lalu, bagaimana dengan harga Bentley Bentayga V8 bensin? Bentley mematok harga mobil ini di harga 136.200 poundsterling atau sekitar Rp2,45 miliar.

Tentu ini menjadi pilihan menarik karena apabila dipasarkan di Indonesia harganya tidak akan mencapai dua digit miliaran rupiah. Sebab apabila dibandingkan dengan Bentley Bentayga W12, mobil ini sebenarnya tidak terlalu jauh berbeda. Hal membedakan hanyalah desain muffler yang kini justru semakin terlihat sporty.

Berkat desain tersebut, muffler ganda justru terlihat seperti berjumlah empat muffler . Beda dengan Bentley Bentayga W12 karena muffler ganda hadir dalam bentuk yang konvensional. Begitu juga dengan wajah depan mobil yang kini hadir bernuansa hitam pekat di bagian grille. Sepertinya Bentley memang mencoba membuat mobil ini terlihat lebih sporty.

Menariknya lagi agar lebih sporty , Bentley Bentayga V8 ini memiliki opsi penggantian rem keramik karbon. Ukurannya sangat besar, karena caliper rem depan dengan 10 piston ini memiliki diameter 440 milimeter. Lebih besar 40 milimeter dibandingkan dengan caliper rem Bentley Bentayga W8.

Sementara caliper rem belakang berukuran sama 370 milimeter. Jelas sekali Bentley menginginkan mobil ini tetap terlihat perkasa meski mesinnya lebih kecil dibanding W12. Memang meski mengusung mesin V8, tetap saja performa mobil ini tidak bisa dianggap enteng.

Mesin mobil ini bisa memproduksi tenaga maksimal 542 daya kuda dan torsi maksimal 770 Nm. Dari diam hingga berlari ke 100 kilometer per jam dapat ditempuh dalam waktu 4,5 detik. Jadi, jangan salah sangka jika mobil ini memble dibandingkan dengan kakaknya.

Seperti Bentayga lainnya, suspensi udara merupakan kelengkapan standar di mobil ini. Mobil ini juga tetap memiliki empat mode berkendara. Begitu juga dengan fitur-fitur keamanan lainnya yang tidak berubah. Di bagian interior, konsumen bisa memilih konfigurasi kursi yang berbeda, baik itu empat kursi, lima kursi, hingga tujuh kursi.

Untuk perama kalinya mobil ini juga mendapatkan sentuhan serat karbon yang mengkilap. Elemen ini menggantikan elemen kulit yang dimiliki oleh varian flagship dari Bentley Bentayga. Warna eksterior juga sangat berbeda dengan gaya Bentley.

Mobil ini tampil dengan warna merah mencolok seolah-olah ingin menggoda konsumen yang lebih muda. Elemen-elemen inilah sepertinya mengisyaratkan bahwa mobil ini memang berusaha mencuri perhatian jutawan muda yang baru atau masih pikir-pikir jika ingin menggelontorkan uang hingga dua digit miliaran rupiah untuk sebuah mobil. (Wahyu Sibarani)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7182 seconds (0.1#10.140)