alexametrics

Registrasi 351 Ribu, Isu Kebocoran Data Tak Berdampak

loading...
Registrasi 351 Ribu, Isu Kebocoran Data Tak Berdampak
Registrasi 351 Ribu, Isu Kebocoran Data Tak Berdampak
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mengaskan bila isu kebocoran data adalah tidak benar. Hal ini dipastikan langsung oleh Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kemkominfo Ahmad M Ramli.

Dirinya mengatakan, isu yang beresa sebenarnya tidak membuat masyarakat malas regitrasi SIM Card. Pasalnya jumlah pengguna yang melakukan registrasi juga terus bertambah.

"Data terakhir sudah ada 351.595.558 kartu pengguna yang terdaftar. Terima kasih untuk masyarakat yang sudah melakukan registrasi. Data ini sekaligus menandakan adanya isu soal kebocoran data ini tak berpengaruh secara signifikan," ujar Ramli, di Kominfo, Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Jumlah ini, menurut Ramli, memang sudah diprediksi sebelumnya. Sebab, berdasarkan perkiraan saat ini ada sekitar 360 juta nomor aktif yang beredar.

Meski sudah sesuai prediksi, Ramli pun tidak mengelak bila ada penyalahgunaan data.
Meskipun demikian, ia memastikan hal itu bukan disebabkan oleh kebocoran data, karena Kementerian Dalam Negeri memiliki standar operasional yang ketat.

"Lalu, kenapa masalah ini menjadi heboh karena memang sistem kami sekarang baik," klaim Ramli.

Sebelumnya, menurut Ramli, masyarakat tak dapat mengetahui apakah NIK miliknya digunakan oleh orang. Namun, operator menyediakan platform bagi masyarakat yang sudah registrasi kartu SIM untuk melakukan pengecekan.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top