Isi Daya Smartphone Nantinya Hanya Butuh Beberapa Detik

Minggu, 18 Maret 2018 - 13:43 WIB
Isi Daya Smartphone Nantinya Hanya Butuh Beberapa Detik
Isi Daya Smartphone Nantinya Hanya Butuh Beberapa Detik
A A A
PARIS - Pesatnya perkembangan smartphone di berbagai belahan dunia mendorong segala komponen pendukungnya terus berinovasi. Salah satunya adalah waktu pengisian daya smartphone yang coba terus dipangkas.

Dalam beberapa tahun belakangan, peneliti dari Eropa terus berupaya agar pengisian daya smartphone hanya dilakukan dalam waktu beberapa detik. Peneliti pun menemukan matrial ajaib yang diberi nama graphene.

Sejumlah peneliti lain pun percaya bila graphene mampu menambah kecepatan perpindahan daya antara sumber energi dengan baterai secara signifikan.

Hal ini pun diamini Kari Hjelt, Head Innovation Graphene Flagship, sebuah firma penelitian dari Eropa.

"Ini akan terwujud hanya dengan memakan waktu sekitar dua tahun. Graphene merupakan material yang masih muda, jadi sebenarnya kami cukup terkesan dengan perkembangan yang ditunjukkannya hanya dalam waktu 14 tahun terakhir," ujarnya, dikutip dari CNET, Minggu (18/3/2018).

Graphene sendiri merupakan sebuah lapisan tipis dari atom karbon murni yang dihasilkan dengan mengekstrak grafit. Proses tersebut pertama kali berhasil dilakukan pada 2004 lalu.

Salah satu kemampuan dari material tersebut adalah kekuatannya yang 200 kali lipat dibandingkan baja. Meski begitu, graphene lebih ringan dari kertas pada umumnya, sekaligus membuatnya kerap disebut sebagai material ajaib.

Saat ini, Graphene Flagship brupaya mencari cara untuk membawa material tersebut ke pasaran.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7405 seconds (0.1#10.140)