NASA Siap Terbangkan Helicopter ke Mars Tahun 2020

Sabtu, 12 Mei 2018 - 19:14 WIB
NASA Siap Terbangkan Helicopter ke Mars Tahun 2020
NASA Siap Terbangkan Helicopter ke Mars Tahun 2020
A A A
WASHINGTON - The National Aeronautics dan Space Administration (NASA) dijadwalkan akan mengirimkan helikopter ke Planet Merah (Mars) pada July 2020. Helikopter tanpa awak ini akan melakukan misi penjelajahan Mars dan merupakan kendaraan udara yang dapat terbang rendah untuk dapat mencapai akses yang tidak dapat dijangkau manusia.

" Gagasan tentang helikopter ini memiliki banyak harapan untuk mengeksplor penemuan ilmu pengetahuan baru bagi masa depan." kata Jim Bridenstine Perwakilan NASA disitat dari laman JPL NASA

Dimulai sejak Agustus 2013 sebagai proyek pengembangan teknologi di Jet Propulsion Laboratory (JPL) NASA, helikopter Mars ini membuktikan bahwa hal hal besar berawal dari mimpi yang kecil.

"Menjelajah planet merah dengan helikopter Mars merupakan contoh perkawinan yang sukses antara inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. ini juga merupakan kesempatan mengeksplorasi Mars untuk masa depan" Thomas Zurbuchen, Associate Mission Dirertorate at the agency headquarters in Washington.

Empat tahun melakukan desain pengujian dan perancangan oleh para tim, helikopter ini berbobot kurang dari 4 Pon atau sekitar 1,3 Kilogram. Badan pesawat ini seukuran bola softball dan baling balingnya akan merobek atmosfer Mars yang tipis sekitar 3.000 rpm.

Helikopter ini dilengkapi dengan kemampuan bawaan yang diperlukan untuk penjelajahan di mars, termasuk sel surya untuk mengisi daya baterai lithiun-ion dan mekanisme pemanas untuk menjaga dari dinginnya malam di Mars.

Proyek Mars 2020 di JPL Pasadena, California juga mengelola pengembangan Mars 2020 Rover yang akan diluncurkan terlebih dahulu sebelum Helicopter ini diterbangkan. Akan diluncurkan pada roket Atlas V roket dari Space Launch Complex 41 di Cape Canaveral di Florida dan diperkirakan akan mencapai Mars pada Februari 2021. Jika misi Helikopter Mars berhasil, akan membuat Amerika menjadi negara pertama yang menerbangkan pesawat yang lebih berat dari udara di Mars.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4778 seconds (0.1#10.140)