Toyota C-HR, Crossover Rasa Sedan

Kamis, 24 Mei 2018 - 14:05 WIB
Toyota C-HR, Crossover Rasa Sedan
Toyota C-HR, Crossover Rasa Sedan
A A A
JAKARTA - Setelah mendapat respons yang antusias saat resmi dipasarkan pada ajang IIMS 2018 pekan lalu, PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberi kesempatan kepada media untuk melakukan first impression produk terbarunya, Toyota C-HR.

Awal Mei lalu TAM menyiapkan tiga unit C-HR untuk diuji jalan di kawasan Ancol Jakarta Utara. Meski tidak bisa mencobanya ke jalan besar dan hanya di lintasan terbatas, performa mesin dengan direct injection-nya sudah cukup terasa pada hentakan awal.

Mesin 2ZR berkapasitas 1,8 liter terasa “enteng” sehingga tak terasa jika pedal gas diinjak cukup dalam. Transmisi Super CVT-i membuat perpindahan transmisi sangat halus dan membuat mobil ini nyaman dikendarai. Di interior, fitur untuk memanjakan penumpang terbilang lengkap. Sebut saja audio yang dilengkapi head unit 2-DIN monitor dengan steering switch control, heater untuk jok depan (meski belum tentu terpakai di Indonesia), AC dual zone dengan teknologi Nanoe, dan lain-lainnya.

Rancangan dan desain C-HR jauh berbeda dengan kebiasaan Toyota selama ini. Nah yang menarik, meski menggunakan mesin konvensional, raungan mesin nyaris tak terdengar dari dalam kabin. Senyap, sunyi seperti halnya mobil hybrid Toyota Prius.

Mobil ini memang dirancang fokus untuk individu yang tidak hanya mengedepankan kepraktisan, juga mereka melihat kendaraan sebagai nilai dari kepribadiannya. Agaknya Toyota ingin menggabungkan sensasi dunia balap dengan kenyamanan berkendara sehari-hari lewat C-HR ini. Konsep Sensual Speed Cross yang diterapkan pada C-HR, melayani ekspektasi konsumen Toyota terhadap kendaraan crossover.

Desain bodi mengambil bentuk berlian sehingga memberikan kesan kokoh dan menghadirkan karakter dinamis demi meraih pengendaraan yang energik. Tidak hanya kokoh, struktur bodi kendaraan juga didesain untuk mengurangi tingkat kebisingan di kabin.

Menggunakan teknologi MacPherson, suspensi depan C-HR lebih terasa nyaman. Penggabungan kabin yang fungsional dengan fitur yang berlimpah dan desain ergonomis demi kenyamanan pengendara dan penumpang. Desain nuansa berlian yang menjadi basis desain eksterior juga diterapkan di kabin. Tidak hanya pada steering switch, namun terdapat juga pada tombol AC di konsol tengah sehingga menciptakan harmonisasi antara desain eksterior dan interior.

Untuk menciptakan nuansa yang mewah pada kabin, pemilihan warna black dan licorice brown merupakan paduan yang tepat. Diimbangi dengan black natural leather seat yang memeluk tubuh dengan erat sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara.

Tuas transmisi pun memiliki desain yang berbeda dari Toyota pada umumnya, ditemani dengan tombol parking brake/auto break hold. Audio System pada C-HR menggunakan headunit 7” yang dapat berintegrasi dengan smartphone untuk kemudahan konektivitas melalui Bluetooth, USB, atau AUX-in, serta mampu memutar CD dan DVD dengan tampilan yang modern.

Toyota C-HR juga memiliki peranti keselamatan yang lengkap untuk memberikan peace-of-mind kepada pengemudi dan penumpang. Safety f eatures pada C-HR termasuk impact absorbing structure, 7 SRS a irbags, vehicle stability vehicle (VSC), hill-start assist (HSA), traction control, rear-cross traffic alert, dan blind-spot monitor. (Anton C)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0392 seconds (0.1#10.140)