Qlue Gelar Smart Citizen Day, Wujudkan Smart City di Indonesia

Jum'at, 29 Maret 2019 - 14:58 WIB
Qlue Gelar Smart Citizen Day, Wujudkan Smart City di Indonesia
Qlue Gelar Smart Citizen Day, Wujudkan Smart City di Indonesia
A A A
JAKARTA - Platform pelaporan masyarakat, Qlue bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menggelar Smart Citizen Day, Kamis (28/3/2019). Gelaran tersebut sebagai bentuk dorongan untuk membangun suatu wilayah menjadi smart city dan mewujudkan Indonesia menjadi smart nation.

Menteri Kominfo, Rudiantara, mendukung acara Smart Citizen Day ini. Dia mengatakan bahwa Qlue berusaha mengembangkan ekosistem untuk menjadi smart citizen.

Dengan pengembangan ini, menurut Rudiantara dapat membangun gotong royong di dunia maya. Implementasi itulah yang ingin dilakukan oleh Qlue.

"Artinya partisipasi dari masyarakat ini disebut gotong royong menggunakan teknologi. Jadi justru menurut saya digital membuat kita untuk gotong royong/ Nilai-nlai gotong royong hampir enggak ada apalagi di kota besar," kata Rudiantara saat sambutan di Smart Citizen Day, Kamis (28/3/2019).

Rudiantara mengharapkan, generasi milenial tidak hanya sebagai pengguna teknologi saja, namun juga harus mampu menciptakan inovasi.

"Makanya kita siapkan, supaya mereka tidak hanya menjadi konsumen saja tapi enterpreneur atau pengusaha dengan memanfaatkan teknologi. Jangan hanya menggunakan tapi memanfaatkan. Untuk kebutuhan yang lebih bermanfaat,” imbuhnya.

Salah satu kegiatannya adalah deklarasi smart citizen 34 pemuda yang mewakili masing-masing provinsi. Dalam deklarasi itu disebutkan bahwa para perwakilan ini akan berperan aktif untuk mendorong ekosistem digital.

"Dengan seperti ini kita berkontribusi secara aktif meningkatkan literasi digital dan mendorong ketersediaan akses juga," kata Biondi Sandasima, Perwakilan Deklarator Smart Citizen dari Sulawesi Tengah.

Sekedar informasi Qlue merupakan penyedia solusi berbasis teknologi. Dimulai dari Jakarta pada 2016 silam, Qlue dikenal sebagai platform melaporkan kinerja pemerintah kepada masyarakat di masing-masing wilayah terkait banyak hal semisal infrastruktur, layanan publik, dan lain sebagainya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9245 seconds (0.1#10.140)