Penjualan Mobil Turun di Kuartal I 2019, Toyota Tuding Ini Penyebabnya

Senin, 22 April 2019 - 22:24 WIB
Penjualan Mobil Turun di Kuartal I 2019, Toyota Tuding Ini Penyebabnya
Penjualan Mobil Turun di Kuartal I 2019, Toyota Tuding Ini Penyebabnya
A A A
JAKARTA - Penjualan automotif menurun di kuartal pertama tahun ini (Q1-2019). Menanggapi masalah tersebut, PT Toyota-Astra Motor (TAM) selaku agen tunggal pemegang merek (ATPM) Toyota mengungkap ada beberapa alasan yang mendasari turunnya penjualan di kuartal I 2019, baik dari Toyota sendiri maupun industri automotif keseluruhan.

Marketing Director TAM Anton Jimmi Suwandy menyebut di Toyota ada tiga faktor penyebab utama turunnya penjualan di tiga bulan pertama tahun ini. "Iya, kuartal satu baik Toyota maupun market keseluruhan ada penurunan. Kalau dari segi Toyota sendiri penyebabnya ada tiga faktor, yakni launching model baru, kompetitor yang meluncurkan model baru di akhir tahun, dan faktor pemilu," papar Anton seusai peluncuran Toyota C-HR di kawasan Senayan, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Lebih lanjut, Anton mengatakan, Toyota baru saja meluncurkan dua model Avanza terbaru di pertengahan Januari lalu dengan produksi yang baru dimulai akhir bulan tersebut. Hal itu yang akhirnya memengaruhi pembeli untuk menunda pembelian.

Meski menyebut ada penurunan, Anton menegaskan, Toyota lebih stabil dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Saat itu ada dua produk yang diluncurkan di akhir 2017, yakni Toyota Rush dan Mitsubishi Xpander, sehingga penjualan cukup tinggi di kuartal pertama 2018.

Pemicu terakhir, kata dia, faktor tahun politik juga sangat berpengaruh pada penjualan di kuartal pertama tahun ini. Hal itu juga sudah terjadi pada 2014 lalu, di mana pasar sudah mulai melambat mendekati pemilu.

"Faktor politik juga berpengaruh sekali ya, tahun sebelumnya 2014 juga sama. Harapan kami setelah pemilu demand meningkat," harapnya.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1732 seconds (0.1#10.140)