Alasan Kreator Harus Gunakan SSD

loading...
Alasan Kreator Harus Gunakan SSD
Alasan Kreator Harus Gunakan SSD
SEBAGAI orang yang aktif bepergian sambil merekam perjalanan dalam bentuk foto dan video, HDD eksternal sudah sama pentingnya dengan laptop. Di sinilah semua file penting saya tersimpan. Karenanya, soal kualitas, saya tidak pernah mau main-main.

Sekitar 90% HDD yang saya gunakan adalah keluaran Western Digital (WD). Entah kenapa, saya merasa produk mereka paling bisa diandalkan. Saya memiliki berbagai koleksi WD dalam berbagai tipe, jenis, ukuran, dan kapasitas.

Hal yang saya suka dari produk WD pertama adalah harganya masih termasuk terjangkau dan kompetitif. Kedua, mereka memberikan garansi panjang. Kemudian WD juga memiliki banyak sekali variasi produk. Misalnya My Passport for Mac yang lebih mudah dipakai dengan komputer Mac.

Memang terkadang ada HDD tidak terbaca di Mac sehingga menyusahkan. Tapi, itulah yang saya suka dari WD. Mereka terbilang sangat inovatif dalam menghadirkan rangkaian produk. Salah satunya My Passport SSD (Solid State Drive). Apa itu SSD? Bisa dibilang SSD ini adalah penyimpanan sangat diidamkan oleh mereka yang banyak bekerja dengan video dan foto. Kenapa? Karena SSD menawarkan banyak sekali keunggulan dibandingkan dengan HDD.



Kelebihan pertama adalah kemampuan baca tulis yang lebih cepat. Kedua, SSD memiliki bentuk lebih kecil dan tipis dibandingkan dengan HDD yang tebal dan berat. Tak heran jika SSD sering sekali digunakan pada ultrabook atau seri laptop tipis lainnya.

Di dalamnya, SSD memiliki komponen sama sekali berbeda dibanding HDD. SSD lebih “tahan banting” dibandingkan HDD. Karena tidak memiliki perangkat bergerak di dalamnya. Jadi, kalaupun terjatuh, potensi kerusakan SSD jauh lebih kecil.

Tidak seperti HDD yang berpotensi rusak dan hilangnya data-data. Ini karena HDD menggunakan komponen semacam piringan metal yang berputar. Selain itu, SSD tidak akan pernah terjadi yang namanya fragmentasi seperti sering terjadi pada HDD. Dengan begitu, pengguna tidak perlu melakukan defrag untuk meningkatkan kecepatannya karena SSD akan selalu cepat.



Hal paling terasa dalam pemakaian sehari-hari adalah proses transfer file jauh lebih cepat, untuk dibawa-bawa juga tidak makan tempat dan memberatkan tas. Kemudian juga tidak ada bunyi atau getaran seperti ketika menggunakan harddisk.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR ANDA
Top