Pakai AI Startup Ini Bisa Lacak Anjing Hilang Lewat Moncong

Senin, 15 Juli 2019 - 12:01 WIB
Pakai AI Startup Ini Bisa Lacak Anjing Hilang Lewat Moncong
Pakai AI Startup Ini Bisa Lacak Anjing Hilang Lewat Moncong
A A A
NEW YORK - Megvii, perusahaan rintisan atau startup kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI),China yang memasok perangkat lunak pengenalan wajah untuk program pengawasan pemerintah Tiongkok, kini dilaporkan sedang mengembangkan teknologinya di luar manusia.

Seperti dilansir dari The Verge, Senin (15/7/2019) teknologi baru Megvii dilatih untuk mengenali anjing dengan sidik jari mereka, seperti halnya manuasia anjing juga memiliki sidik jari yang unik.

Dengan menggunakan aplikasi Megvii, startup ini mengatakan pemilik anjing bisa mendaftarkan anjingnya dengan memindai moncong melalui kamera smartphone.

Cara ini sama halnya dengan mendaftarkan sidik jari manusia untuk membuka kunci biometrik, Megvii meminta pemilik anjing untuk mengambil foto hidung dari berbadai sudut.

Pihaknya mengklaim aplikasinya memiliki tingkat akurasi 95 persen dan telah mengembalikan 15.000 anjing kepada pemiliknya melalui aplikasi. Kedekatan Megvii dengan pemerintah akan dimanfaatkan aplikasi ini untuk memantau keberadaan anjing liar yang menggangu warga sipil.

Pengenalan wajah untuk hewan peliharaan menjadi lebih luas selama beberapa tahun terakhir. Konsep ini telah digunakan oleh para peneliti untuk konservasi satwa liar..

Di Amerika Serikat, aplikasi bernama Finding Rover juga menggunakan teknologi pengenalan wajah untuk menemukan kucing dan anjing yang dilaporkan hilang.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7950 seconds (0.1#10.140)