Siapkan SDM Siswa SMK, Sharp Class Sambangi Banjarmasin

Jum'at, 19 Juli 2019 - 21:15 WIB
Siapkan SDM Siswa SMK, Sharp Class Sambangi Banjarmasin
Siapkan SDM Siswa SMK, Sharp Class Sambangi Banjarmasin
A A A
BANJARMASIN - Lulusan sekolah menengah kejuruan (SMK) di Indonesia masih memerlukan perhatian khusus agar mampu mencetak profesional muda yang siap bersaing di dunia kerja. Terpanggil akan hal itu, PT Sharp Electronics Indonesia menggelar program corporate social responsibility (CSR) bertajuk Sharp Class.
Program dilakukan sejak tahun 2012, di mana Sharp Class merupakan program yang bertujuan meningkatkan potensi siswa dan siswi khususnya di jenjang SMK di seluruh Indonesia. Kesuksesan program ini membawa perusahaan bersinergi dengan berbagai sekolah guna mencetak ratusan siswa siap kerja.Memasuki akhir 2019, pabrikan asal Jepang ini kembali membuka program Sharp Class untuk pertama kalinya di Kota Banjarmasin. Dengan menggandeng SMKN 5 Banjarmasin, mereka siap memberikan materi baik berupa teori, praktik, hingga pengalaman seputar kerja yang dibawakan langsung oleh tim teknisi dan customer satisfaction (CS) Sharp Indonesia.Banjarmasin merupakan kota pertama di provinsi Kalimantan yang dikunjungi Sharp Class.“Kami senang sekali akhirnya bisa mengunjungi Banjarmasin dan berbagi ilmu pengetahuan serta keterampilan untuk siswa dan siswi di sini. Program ini salah satu CSR kami yang ditunggu oleh sekolah di daerah, karena memberikan kesempatan siswa dan siswinya menggali potensi kepemimpinan dan keterampilan lebih besar di luar kurikulum sekolah,” tutur Pandu Setio, Senior PR & Brand Communications Manager PT Sharp Electronics Indonesia.Ditambah jaringan layanan purna jual dan cabang yang luas, lanjut dia, mereka juga berkesempatan untuk bergabung dengan Sharp Indonesia. Program diresmikan dengan seremoni dan penandatanganan kerja sama antara Sharp Indonesia dan SMKN 5 Banjarmasin pada Kamis lalu. Perjanjian kerja sama ini diwakili oleh Ronald R Huwae, General Manager Customer Satisfaction Division dan Syahrir, Kepala SMKN 5 Banjarmasin yang disaksikan Muhammad Yusuf Effendi, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Selatan.
Bentuk dukungan Sharp Indonesia lainnya adalah memfasilitasi pihak sekolah dengan dua unit produk yaitu 1 unit LED TV 40 inci dan 1 unit speaker active yang akan digunakan sebagai alat praktikum. Selama dua bulan berlangsungnya program, siswa dan siswi akan mendapatkan materi langsung dari teknisi Sharp Indonesia, baik mengenai teori, praktik, maupun tips dan trik langsung dalam mengatasi permasalahan kerja secara profesional agar siswa dan siswi bisa mendapatkan gambaran langsung cara menghadapi dunia kerja.
“Program memang kami coba kemas berbeda agar tidak tumpang tindih dengan materi yang diberikan oleh sekolah. Maka dari itu, selain dari teori dan praktik, kami juga membekali dengan materi seperti kepemimpinan hingga tantangan di dunia kerja,” ujar Pandu.

Dengan demikian, lulusan tidak hanya mantap secara keterampilan, tetapi juga siap dari sisi mentalnya juga. “Kami rasa jika keduanya bisa diberikan dengan seimbang, lulusan Sharp Class ke depan akan semakin berprestasi dan matang,” ucap Ronald R Huwae, General Manager Customer Satisfaction Division PT Sharp Electronics Indonesia.

Setelah menyambangi Banjarmasin, Sharp Indonesia masih akan menyasar kota-kota lainnya di Indonesia. Dengan hadirnya program seperti, perusahaan optimistis dapat membawa perubahan positif bagi siswa dan siswi lulusan SMK serta membantu meminimalisir angka pengangguran.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2735 seconds (0.1#10.140)