Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR

Minggu, 21 Juli 2019 - 07:25 WIB
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR
A A A
MOUNTAIN VIEW - Tes kamera DxOMark untuk Google Pixel 3a baru saja diumumkan dengan skor keseluruhan 100. Meskipun hanya satu poin di belakang skor iPhone XR dan Pixel 3, ketiga perangkat mendapat skor fotografi yang sama yakni 103.

Inilah pengingat bahwa pada akhirnya ketiga perangkat memiliki kamera berperforma sangat baik. Sulit untuk mengukur bagaimana kinerja kamera dengan skor numerik. Karena itu, mari selami lebih dalam ke dalam temuan DxOMark dengan Pixel 3a.
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR

Sebagai permulaan, seperti dilansir dari laman GSM Arena, paparan hampir selalu tepat dengan 3a kecuali untuk adegan kontras tinggi. Pixel selalu cenderung kurang terang sedikit untuk mencapai citra kontras yang tinggi. Sedangkan iPhone XR mampu mempertahankan detail dalam bayangan sedikit lebih baik.

Seperti Pixel 3, reproduksi warna 3a cukup baik dengan preferensi condong ke arah nada yang lebih dingin. Di dalam ruangan dan dalam cahaya redup, ini menghasilkan gips yang sedikit merah muda/oranye, tetapi tidak menjadi perhatian bagi DxOMark.
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR

Di sisi lain, 3a menerima skor yang lebih baik untuk reproduksi warna alami dalam tes lab DxOMark dibandingkan dengan Pixel 3. Detailnya cocok untuk 3a.

Dalam pengujian lapangan, 3a tidak hanya melakukan sedikit lebih baik dalam pengurangan kebisingan dari Pixel 3. Namun juga sangat baik untuk menjaga detail halus pada objek.
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR

Ketika datang ke mode potret, Pixel 3a tidak sebagus Pixel 3. DxOMark menemukan 3a tidak konsisten dalam hal jumlah bokeh yang diterapkan di antara pemotretan.

Artefak gambar yang mempengaruhi kualitas adalah bagaimana DxOMark mengurangi poin dari skor. Sementara detail sangat baik di bagian tengah bingkai pada Pixel 3a, ketajaman menurun saat Anda memeriksa bagian gambar ke sudut bingkai. Masalah-masalah ini termasuk ghosting, pinggiran warna, dan dering.

DxOMark hanya memuji untuk kecepatan fokus otomatis dan akurasi 3a Pixel dalam semua kondisi pencahayaan. "Selain itu, mengingat bahwa kami tidak menemukan penyimpangan fokus selama sesi fotografi pemandangan alam uji, Anda dapat yakin akan kinerja autofokus kelas satu dari Pixel 3a," simpul DxOMark.
Kamera Google Pixel 3a Sehebat Pixel 3 dan iPhone XR

Pengujian video menunjukkan kekurangan pencahayaan yang terlihat dalam cahaya lebih rendah. Hal itu memengaruhi skor video 3a. HDR + hanya dapat melakukan banyak hal untuk foto, tapi teknologinya tidak diterjemahkan ke dalam video dengan cara yang sama. Untuk alasan ini, testure, noise, artefak, dan stabilisasi semuanya sedikit lebih rendah pada video.

"Pixel 3a umumnya merupakan perangkat yang mampu untuk eksposur video, dengan eksposur target yang akurat dan pelestarian detail sorotan yang sedikit lebih baik dalam kondisi cahaya lebih terang dibandingkan Pixel 3," ujar DxOMark lagi.

Pada akhirnya, DxOMark menyatakan smartphone kamera tunggal tidak dapat lagi dibandingkan dengan smartphone dual-kamera dan multi-kamera saat ini. Meskipun Pixel 3 dan Pixel 3a memiliki perangkat keras kamera yang identik, hasilnya sedikit berbeda pada pemeriksaan yang lebih dekat.

Chipset low-end Pixel 3a akhirnya menghasilkan skor video yang sedikit lebih rendah. Hanya chipset tersebut tetap menjadi pemain video yang mumpuni. Dengan pemain yang kuat di sektor menengah, kita mulai melihat teknologi kamera komputasi yang lebih maju mengalir ke smartphone kelas menengah dan bahkan kisaran rendah.Misalnya, dengan peluncuran Honor 9X Pro yang sudah dekat, DxOMark ingin tahu seberapa baik yang dapat dilakukan kamera pada handphone level pemula.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7613 seconds (0.1#10.140)