Fosil Dinosaurus 65 Juta Tahun Ditemukan Oleh Mahasiswa

Minggu, 28 Juli 2019 - 18:01 WIB
Fosil Dinosaurus 65 Juta Tahun Ditemukan Oleh Mahasiswa
Fosil Dinosaurus 65 Juta Tahun Ditemukan Oleh Mahasiswa
A A A
CALIFORNIA - Seorang mahasiswa jurusan biologi Universitas California Harrison Duran, menemukan fosil dinosaurus jenis Triceratops di daerah terpencil North Dakota, Amerika Serikat.

"Aku tidak bisa mengungkapkan kegembiraan ketika menemukan tengkorak itu. Aku sudah terobsesi dengan dinosaurus sejak aku masih kecil, jadi itu masalah yang cukup besar" kata Duran dalam sebuah pernyataan, dikutip dari The Washington Post, Sabtu (28/7/2019).

Saat mempelajari ekologi dan biologi evolusi, Duran memutuskan untuk melakukan penggalian paleontologi selama dua minggu di Badlands North Dakota.

Mahasiswa tahun kelima ini akhirnya melakukan penggalian yang ditemani oleh Michael Kjelland, seorang profesor dari Universitas Negeri Mayville. Duran dan Kjelland juga mendirikan Excavator Fosil nirlaba.

Daerah Dakota Utara sendiri merupakan bagian dari formasi Hell Creek yang dikenal sebagai tempat 'harta karun' fosil purba.

Keduanya memulai penggalian pada awal Juni lalu sambil memahat batu dan tanah. Awwalnya Kjelland menduga bahwa ia dan Duran hanya akan menemukan fosil tanaman, namun ia tak menutup kemungkinan untuk fosil-fosil lainya.

Tak disangka dalam proses penggalian, mereka malah menemukan tengkorak parsial dari triceratop berusia 65 juta tahun.

Awalnya mereka hanya menemukan bagian mata, tanduk, dan paruh, kemudian diikuti oleh tualng pipi. "Saaat itulah kami tahu bahwa kami meneukan sesuatu yang istimewa," ujar Duran.

Fosil itu ditemukan terbalik dengan pangkal tanduk kirinya terpapar sebagian. Selain itu, fosil juga dikelilingi oleh fosil tanaman dari zaman Kapur. Fosil tanaman tersebut seolah menjelaskan lingkungan sekitar saat hewan tersebut masih hidup.

Setelah berhasil dikeluarkan dari tanah, fosil Triceratops langsung dilapisi dengan foil dan plester lalu dimasukkan ke dalam sebuah kotak dan dibungkus dengan kasur busa untuk diteliti lebih lanjut, Mereka mengirimkannya ke lokasi rahasia sampai mereka bisa membawanya ke laboratorium Kjelland.

Fosil dinosaurus bisa sangat berharga, maka dari itu Kjelland tak ingin mengungkapkan dimana lokasi sementara fosil tersebut.

Duran berencana untuk segera kembali ke Dakota Utara untuk membantu Kjelland melakukan lebih banyak penelitian dan menemukan banyak fosil-fosil lain.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6673 seconds (0.1#10.140)