Sedan Premium Generasi ke-10 Lahir Kembali

loading...
Sedan Premium Generasi ke-10 Lahir Kembali
Sedan Premium Generasi ke-10 Lahir Kembali
GENERASI ke-10 All New Honda Accord seolah lahir kembali. Sedan premium ini tidak hanya tampil lebih segar, melainkan juga lebih galak, lebih nyaman, serta lebih aman.

Bagaimana rasanya? Akhirnya saya bisa mencoba All New Honda Accord yang baru diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 belum lama ini. Langsung di Sirkuit Bridgestone, Karawang Timur, sebelum bertolak ke Bandung. Karena ada fitur khusus yang harus dicoba, di antaranya yang berhubungan dengan keselamatan.

Fitur ini katanya mampu memperkecil risiko kecelakaan. Namanya, Honda Sensing. Honda Sensing berfungsi membantu pengemudi menghindari dan meminimalkan potensi kecelakaan saat berkendara. Ada beberapa fitur dan kami coba semuanya di sirkuit itu.

Pertama, collision mitigation braking system (CMBS). CMBS menggunakan radar milimeter wave di belakang grill depan, juga kamera monocular di depan kaca spion tengah. Radar dan kamera mendeteksi mobil di depan.



Lalu, sistem forward collision warning (FCW) memberi peringatan visual dan audio. Kami mengujinya dengan “menabrakkan” mobil dalam kecepatan 40 km per jam tanpa menginjak rem menuju halangan mobil dari stereofoam .

Tiba-tiba saja muncul peringatan di MID. Kemudian radar, kamera CMBS, serta modulator VSA melakukan pengereman mendadak hingga mobil berhenti tepat 1 meter di depan halangan. Awalnya cukup deg-degan. Namun, setelah mencoba beberapa kali, saya yakin fitur ini memang aman.

Fitur Honda Sensing kedua yang dicoba adalah road departure mitigation (RDM). Di sini kamera monocular akan mengenali garis solid dan putus-putus di jalan raya, juga marka pembatas jalan saat melaju di antara kecepatan 72 hingga 180 km/jam.



Ketika pengemudi mengantuk dan kendaraan melintasi garis solid pembatas jalan, tiba-tiba setir otomatis melakukan koreksi. Inilah lane keeping assist system (LKAS). Koreksi itu cukup menyadarkan saya untuk lebih waspada. Tentu saja ada keterbatasannya.
halaman ke-1 dari 3
preload video
KOMENTAR ANDA
Top