Mau Nyuci Pakaian Cepat dan Hemat Energi? Mesin Cuci TurboWash 3D Bisa Dicoba

Jum'at, 02 Agustus 2019 - 07:29 WIB
Mau Nyuci Pakaian Cepat dan Hemat Energi? Mesin Cuci TurboWash 3D Bisa Dicoba
Mau Nyuci Pakaian Cepat dan Hemat Energi? Mesin Cuci TurboWash 3D Bisa Dicoba
A A A
JAKARTA - Fokus dengan mesin cuci kapasitas besar, PT LG Electronics Indonesia (LG) baru saja mendatangkan seri mesin cuci inverter terbarunya, LG TurboWash 3D.

Lahir dari jenis bukaan atas (top load) sebagao seri mesin cuci yang paling populer di Indonesia, kecepatan cuci dan hemat energi menjadi dua hal utama yang ditawarkan mendampingi performa pencucian produk tersebut.

“LG TurboWash 3D dibuat cermat menjadi jawab atas kebutuhan mesin cuci pada era dengan mobilitas tinggi,” ujar Jun Yub Lee, Product Marketing Manager Home Appliance PT LG Electronics Indonesia saat mengenalkan mesin cuci TurboWash 3D di Jakarta.

Alasannya, riset internal LG menunjukkan adanya harapan tinggi publik pada kecepatan proses cuci yang bersisian dengan hemat energi. Dengan besaran serupa, dua hal besar ini diharapkan hadir tanpa saling mengorbankan.

"Pengembangan berdasarkan dua kata kunci utama harapan konsumen akan perangkat mesin cuci pada gaya hidup modern, LG TurboWash 3D akan mudah menjadi idola baru keluarga Indonesia,” klaimnya.

Di samping performa pencucian lebih baik, lanjut Jun Yub Lee, pengembangan berbagai fitur bekerja simultan sebagai kunci kecepatan dalam proses pencucian. Tak sekadar klaim, pengujian dari Intertek sebagai lembaga uji internasional menunjukkan mesin cuci LG TurboWash 3D mampu menyelesaikan satu siklus pencucian lengkap kurang dari 40 menit.

Sementara bicara mengenai hal hematnya, pengujian lembaga yang sama menunjukkan kecepatan cuci ini menghasilkan kemampuan 27% lebih hemat listrik dan 14% lebih hemat penggunaan air dibanding mesin cuci sejenis milik LG lainnya. “Hal ini membuat LG TurboWash 3D hadir sebagai mesin cuci yang lebih cepat, lebih hemat dengan performa pencucian hebat,” tukas Rumbi Simanjuntak, Head of Product Marketing Home Appliance PT LG Electronics Indonesia.

Lebih lanjut dikatakan, berbagai keunggulan mesin cuci LG TurboWash 3D berpusat pada pengembangan tiga fitur utama di dalamnya. Dinamai WaveForce, TurboDrum, dan JetSpray, ketiganya dirancang memastikan performa pencucian berjalan cepat dan hemat energi.

Saat proses pencucian dimulai yang ditandai dengan putaran tabung, papar Rumbi, WaveForce yang hadir dalam bentuk limpahan air kuat seperti air terjun dari bagian atas mesin cuci memasuki tabung. Selain menghemat waktu, padunya aliran air bersamaan dengan putaran tabung ini menciptakan pusaran air kuat yang memastikan tiap helai pakaian di dalam tabung mendapatkan efek pencucian mendalam.

Beberapa saat setelahnya, giliran TurboDrum mengambil peran dengan inovasinya pada gerak pulsator dan tabung. Bila siklus cuci mesin cuci top loading gerak pulsator yang berada di bagian dasar tabung bergerak dalam arah yang sama dengan tabung cuci, tak demikian halnya dengan LG TurboWash 3D.

Inovasi LG bertajuk TurboDrum ini membuat tabung berputar pada arah rotasi yang berla-wanan dengan putaran pulsator. Arah gerak terus bergantian pada ritme tertentu ini menghasilkan gelombang air multidimensi pada tabung.

“Selain memastikan pencucian menyentuh seluruh bagian pakaian, gerak demikian menghasilkan efek selayak mengucek untuk melepaskan kemungkinan noda masih menempel,” kata Rumbi.

Pada saat pembilasan, giliran JetSpray mengambil bagian untuk proses yang cepat dan efektif. Berwujud pancaran air bertekanan tinggi dari bagian atas tabung, JetSpray bekerja memastikan sisa detergen dan residu pencucian lainnya terlepas dari cucian.

Istimewanya mesin cuci LG TurboWash 3D pun tak berhenti hingga di sini. Saat pencucian selesai, melengkapi ketiga fitur utama tadi, hadir fasilitas Auto Tub Clean. Seperti namanya, fasilitas ini bekerja otomatis untuk membersihkan tabung tiap kali proses pencucian selesai.

“Memastikan tabung terbebas dari kemungkinan berbagai residu pencucian yang tertinggal, memastikan mesin cuci ini selalu siap digunakan,” ujar Rumbi Simanjuntak.

Bicara mengenai ragam ketersediaan, Rumbi Simanjuntak menyatakan, mesin cuci LG TurboWash 3D tersedia dalam empat pilihan kapasitas. Dari yang terkecil 12 kg, 13 kg, 19 kg hingga yang terbesar 22 kg. Meski berkapasitas besar, inovasi LG Big-in System berupa pemanfaatan lebih baik ruang bagian dalam mesin cuci membuat perangkat LG TurboWash 3D justru memiliki dimensi lebih ringkas dibanding mesin cuci sejenis dalam kapasitas setara.

"LG TurboWash 3D dilego mulai Rp6 juta–10 jutaan. Soal warna tersedia dalam varian warna hitam elegan dan metal. Dengan keunggulan utama pada kecepatan dan proses pencucian hemat dipadu sentuhan akhir warnanya, kami yakin produk terserap cepat di pasar Indonesia,” kata Jay Jang, Head of Marketing LG Electronics Indonesia yakin.Ditanya apakah ini mesin cuci terbaik dibanding kompetitor, Jun Yub Lee menegaskan, LG tak ingin berlomba-lomba mengklaim sebagai nomor satu atau yang terbaik dari yang lain. "Yang ingin kami sampaikan, LG selalu ingin memberikan yang terbaik kepada masyarakat konsumen. Kami akan bertanya apa kebutuhan Anda? Dan kami akan senang untuk memenuhi kebutuhan tersebut," pungkas Jun Yun Lee.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7216 seconds (0.1#10.140)