Roket Soyuz Gagal Mendaratkan Robot FEDOR di ISS

Minggu, 25 Agustus 2019 - 19:31 WIB
Roket Soyuz Gagal Mendaratkan Robot FEDOR  di ISS
Roket Soyuz Gagal Mendaratkan Robot FEDOR di ISS
A A A
MOSCOW - Pesawat antariksa Rusia Soyuz gagal merapat ke Stasiun Antariksa Internasional (ISS) hari Sabtu (24/8/2019).

Pesawat Soyuz itu membawa robot manusia FEDOR (Final Experimental Demonstration Object Research)) yang dijadwalkan melakukan misi di stasiun antariksa bersama para kosmonot yang berada di sana.

Seperti dilansir dari Reuters, NASA mengatakan di blognya bahwa 'sistem docking' pesawat ruang angkasa Soyuz gagal mengunci dengan benar targetnya di ISS

Proses docking di ISS, awalnya direncanakan pada pukul 05.30 GMT. Namun, gagal karena masalah yang terkait dengan sistem docking otomatis. Kegagalan itu dilaporkan kantor berita Interfax yang mengutip siaran NASA TV.

Pesawat ruang angkasa Soyuz saat ini berjarak 96 meter dari ISS. Menurut pusat kendali penerbangan Rusia, para petugas berencana untuk melakukan proses docking lagi pada Senin (26/8/2019) pagi.

Robot FEDOR atau Skybot F-850 adalah robot humanoid pertama yang dikirim ke luar angkasa oleh Rusia. NASA pernah mengirim robot humanoid Robonaut 2 ke luar angkasa pada 2011 untuk bekerja di lingkungan berbahaya.

Ukuran robot FEDOR sama seperti manusia dewasa dan dapat meniru gerakan tubuh manusia. ISS adalah proyek bersama badan antariksa Amerika Serikat, Rusia, Eropa, Jepang dan Kanada.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7517 seconds (0.1#10.140)