Toyota Minta ke Panasonic Dibuatkan Baterai seperti Tesla

Selasa, 17 September 2019 - 09:02 WIB
Toyota Minta ke Panasonic Dibuatkan Baterai seperti Tesla
Toyota Minta ke Panasonic Dibuatkan Baterai seperti Tesla
A A A
TOKYO - Toyota dikabarkan akan menggunakan jenis sel baterai yang sama yang dirancang oleh Panasonic untuk kendaraan Tesla untuk beberapa model plug-in hybridnya.

Di antara model yang terlibat adalah Corolla dan Levin yang diluncurkan di China awal tahun lalu. Meski ukurannya hampir sama, baterai memang memiliki komposisi kimia yang berbeda.

Langkah ini dilihat sebagai upaya Toyota untuk mengamankan pasokan baterai berkualitas tinggi yang stabil, ketika pasar global mulai beralih ke kendaraan listrik.

Toyota dan Panasonic telah mengembangkan baterai selama bertahun-tahun karena pabrikan Jepang berpengaruh ingin memperluas jaringan kendaraan listriknya. Pada bulan Januari, kedua perusahaan mengumumkan usaha patungan untuk memproduksi baterai EV.

Sebelumnya, Toyota juga bermitra dengan Contemporary Amperex Technology Co Ltd (CATL) dan pembuat EV dari China BYD Co Ltd untuk memperoleh baterai. Toyota dilaporkan memesan sekitar 50.000 baterai bak silinder, membuat pabrik baterai Panasonic di Osaka beroperasi dengan kapasitas penuh.

Panasonic menjadi pemasok sel baterai eksklusif Tesla. Namun, Tesla saat ini sedang dalam pembicaraan dengan LG Chem Ltd dalam upaya untuk mendiversifikasi komponen sumber kendaraannya.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 4.7086 seconds (0.1#10.140)