Yuk, Intip Startup Teknologi dan Inovasi Karya Anak Negeri di I3E 2019

Kamis, 03 Oktober 2019 - 22:11 WIB
Yuk, Intip Startup Teknologi dan Inovasi Karya Anak Negeri di I3E 2019
Yuk, Intip Startup Teknologi dan Inovasi Karya Anak Negeri di I3E 2019
A A A
JAKARTA - Negara telah hadir dalam inovasi anak negeri dalam lima tahun terakhir ini. Untuk membuktikannya, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenristekdikti) menggelar pameran Inovasi Inovator Indonesia Expo (I3E) 2019, 3-6 Oktober di Hall B JCC, Jakarta.

Untuk diketahui, selama lima tahun terakhir, Kemenristekdikti melalui Dirjen Penguatan Inovasi menggandeng perusahaan startup atau rintisan dari seluruh Indonesia untuk didanai, didampingi, dan dievaluasi perkembangannya sebagai aksi nyata mendukung penambahan jumlah unicorn di Indonesia.

Kemenristekdikti mempunyai program terkait perusahaan startup. Program meliputi pendanaan dan pendampingan bagi Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (CBBT), Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi (PBBT), dan Inovasi Industri.
Yuk, Intip Startup Teknologi dan Inovasi Karya Anak Negeri di I3E 2019

Sejak program dimulai pada 2015, Kementerian mencatat telah tercatat ada 1.307 startup yang digandeng Kemenristekdikti, terdiri dari 749 PPBT, 558 CPPBT, dan 15 Inovasi Industri. Untuk menstimulasi para perintis lainnya, para startup itu unjuk gigi di ajang I3E 2019.

Mengusung tema “Startup Teknologi dan Inovasi Industri Meningkatkan Daya Saing Bangsa”, pameran kali ini menampilkan sebanyak 404 produk/inovasi yang terdiri dari 249 hasil produk/inovasi dari program pendanaan PPBT, 132 produk/inovasi dari program pendanaan CPPBT, dan 23 produk/inovasi dari pendanaan Inovasi Industri yang semuanya adalah karya anak negeri.

Menristekdikti Moh Nasir mengatakan, startup memungkinkan menjadi unicorn tetapi itu tidak bisa berdiri sendiri melainkan harus dikembangkan bersama. "Ada 1.307 startup yang masuk, dan yang menjadi perusahaan mapan itu sekitar 13 yang lainnya belum. Jadi kita harus dorong, oleh karena itu, bagaimana kita bisa melakukan hal ini supaya ke depan lebih baik dan lebih maju. Yang penting kita dorong supaya nanti tahun 2020-2024 ini harus sampai tiga kali lipat berarti harus sampai diangka 4.000-5.000 perusahaan rintisan berbasis teknologi. Nah kalau itu bisa, maka yang mencapai mature akan sampai diangka 150," papar Moh Nasir saat membuka I3E di JCC Jakarta, Kamis (3/10/2019).
Yuk, Intip Startup Teknologi dan Inovasi Karya Anak Negeri di I3E 2019

Pada kesempatan yang sama, Dirjen Penguatan Inovasi, Jumain Appe, mengatakan, invensi dan inovasi dari anak bangsa yang diselenggaran dalam pameran i3E dalam rangka mempromosikan hasil-hasil inovasi teknologi startup dan hasil penelitian, serta pengembangam dari berbagai perguruan tinggi baik PTN atau PTS. Harapannya, masuk pengembangan industri yang telah mendapatkan pendampingan pendanaan melalui pendanaan inkubasi bisnis teknologi, calon PPBT, dan pendanaan inovasi industri. "Pendanaannya diberikan oleh pemerintah melalui Ristekdikti," imbuh Jumain.

Dikatakannya, penyelenggaraan I3E tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, selain menyaksikan produk inovasi berbagai perusahaan berbasis teknologi, juga melaksanakan pameran yang dihasilkan oleh inovasi industri yang skalanya lebih besar daripada PBBT dan CBBT. Tujuannya akan lahir startup yang memiliki skala lebih tinggi.

"Produk inovasi yang ditampilkan I3E hari ini juga sudah sejalan dengan amanat RPJN, di mana pembangunan iptek akan ditujukan kepada delapan bidang fokus yaitu pangan, energi, kesehatan dan obat, tranportasi, teknologi informasi dan komunikasi, pertahanan dan keamanan serta matrial maju ditambah dengan fokus bidang kemaritiman," kata Jumain.

Dikataknnya juga, I3E 2019 menampilkan sebanyak 404 inovasi yang terdiri dari 249 hasil produk inovasi dari BPPT, 132 produk inovasi dari program pendanaan CPBT, dan 23 produk inovasi dari pendanaan inovasi industri yang semuanya adalah hasil karya anak bangsa sendiri.

Jika Anda berminat, I3E 2019 juga mengadakan sejumlah kegiatan di luar pameran:
Seminar Bisnis dan Teknologi
Event menghadirkan nara sumber dari para pelaku startup yang sukses untuk dapat berbagi pengalaman dan pengetahuan bagi para startup yang baru mulai atau yang sedang menyusun rencana membangun perusahaan rintisan.
Talkshow
Acara mendatangkan narasumber yang kompeten baik dari kalangan bisnis, regulasi pemerintah ataupun para perusahaan dari pembiayaan.
Bisnis Coaching
Kegiatan ini diperuntukkan untuk bisa memberikan bimbingan langsung terkait dunia startup.
Kompetisi Ide dan Konsep Inovasi Teknologi
Di gelaran ini, ada kompetisi konsep dan inovasi teknologi yang dipertandingkan dan bisa diikuti oleh berbagai kalangan dengan hadiah menarik.
Speed Dating
Program tersebut memfasilitasi sebuah momen pertemuan antara para investor atau pelaku pembiayaan dengan para startup. Harapannya, para investor tersebut dapat melakukan business meeting dengan para startup.

I3E 2019 menargetkan jumlah pengunjung sebanyak 36.000 orang yang terdiri dari masyarakat umum, mahasiswa, komunitas startup, para pelaku bisnis, pelaku pembiayaan baik dari institusi fintech ataupun ventura capital.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9050 seconds (0.1#10.140)