Menikmati Sunset di Pantai Tersembunyi Alas Purwo

Rabu, 16 Oktober 2019 - 11:00 WIB
Menikmati Sunset di Pantai Tersembunyi Alas Purwo
Menikmati Sunset di Pantai Tersembunyi Alas Purwo
A A A
BANYUWANGI - Selain Kawah Ijen, Banyuwangi dikenal sebagai surga bagi pecinta wisata pantai. Beberapa di antaranya bahkan masih belum banyak terjamah. Seperti pantai di dalam hutan Alas Purwo, hutan yang ditumbuhi pohon-pohon jati.

Hari itu saya dan mantan Putri Selam 2017 Madhina Suryadi memang punya agenda khusus. Yakni, mengantar papan surfing ke teman Mady—begitu ia biasa disapa—yang seorang peselancar. Lokasinya ada di dalam Taman Nasional Alas Purwo, yang berjarak 2 jam perjalanan dari kota Banyuwangi.

Di Alas Purwo itu memang ada Pantai Plengkung yang populer dengan nama Pantai G-Land. Selain disebut sebagai salah satu tempat surfing terbaik di Indonesia, G-Land terkenal karena lokasinya yang sangat terpencil dan berada di dalam hutan. Dengan karakter ombak yang tingginya mencapai 7 meter, eksotisme lokasinya ini yang menarik para peselancar dari berbagai belahan dunia datang kemari.
Menikmati Sunset di Pantai Tersembunyi Alas Purwo

Hanya, kami memang tidak akan bertemu di G-Land. Tapi, di pantai tersembunyi Trianggulasi di Alas Purwo. Tepatnya di Desa Tegaldlimo yang berjarak 76 km dari kota Banyuwangi.

New Honda HR-V 1.5L E Special Edition segera kami geber ke sana. Memang, kelebihan road trip menggunakan mobil pribadi adalah kebebasan menentukan tujuan. Mengatur ritme perjalanan sesuka hati. Tidak bergantung pada orang lain.

Dan yang paling saya suka dariNew Honda HR-V 1.5L E Special Edition adalah bagaimana mobil ini bias melengkapi perjalanan kami dan membuat perjalanan ini jadi jauh lebih mudah dan menyenangkan.

Mulai dari manuvernya yang lincah saat melalui kelokan-kelokan jalanan di kawasan Situbondo, akselerasi yang responsif saat menyalip, ground clearance yang pas untuk melibas jalanan yang tidak rata, konsumsi BBM irit, juga kabinnya yang luas dan lega untuk membawa banyak barang bawaan.

New Honda HR-V 1.5L E Special Edition memang SUV urban yang sangat ideal untuk harian.Tapi, terbukti juga menjadi teman yang handal saat menemani perjalanan panjang seperti ini.

Sambil mengobrol, tidak terasa kami hamper sampai di Alas Purwo.Tiba-tiba mobil kami disambut pepohonan kering di kiri kanan yang berbentuk seperti gerbang seolah menyambut pengunjung untuk masuk ke ekosistem hutan hujan dataran rendah seluas 43.420 hektar itu. Indah sekali.

Kami tiba di Pantai Trianggulasi, yang disebut warga lokal Pantai Tanggul Asri, tepat sebelum sunset. Tentu saja yang pertama harus dilakukan adalah menyerahkan papan surfing ke teman Mady.

Jika dilihat dari atas (menggunakan drone), terlihat Pantai Trianggulasi punya garis pantai landai dan Panjang sekali. Juga, pasir putih yang cukup bersih.Mungkin karena belum banyak pengunjung yang dating ke sini. Dan keunikannya adalah pantai yang berbatasan langsung dengan hutan lebat sehingga masih banyak hewan liar yang hidup di sekitarnya.
Menikmati Sunset di Pantai Tersembunyi Alas Purwo

Hmm, saya lantas memarkir New Honda HR-V 1.5L E Special Edition lebih dekat ke bibir pantai. Lalu, membuka bagasi dan menuangkan kopi hitam panas dari tumbler. Selanjutnya, hanya ada saya yang duduk di bagasi New Honda HR-V 1.5L E Special Edition, secangkir kopi panas, serta suara debur ombak dan pemandangan matahari terbenam Pantai Trianggulasi yang cantik.

Dalam keheningan itu, saya melihat kembali perjalanan yang kami lalui. Sebuah destinasi adalah alasan kenapa kami melakukan perjalanan road trip ini. Tapi, setelah mengingat kembali perjalanan selama tiga hari ini, hal yang berkesan memang bukan tujuan akhir kami. Melainkan seluruh perjalanan menuju kesini. Cerita lucu dan obrolan di dalam mobil bersama Mady, snorkeling di Bangsring Underwater, serta pemandangan indah yang kami temui di sepanjang perjalanan bersama New Honda HR-V 1.5L E Special Edition. Hal hal inilah yang membuat perjalanan kali ini bermakna.

Yes, tentu saja saya ingin road trip menggunakan mobil lagi. Ketempat-tempat yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Mendapatkan petualangan tak terduga serta kisah penuh makna.
(akn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7134 seconds (0.1#10.140)