Lanskap Audiens Gaming di Indonesia

Selasa, 03 Desember 2019 - 11:34 WIB
Lanskap Audiens Gaming di Indonesia
Lanskap Audiens Gaming di Indonesia
A A A
VIDEO game menjadi salah satuindustri yang semakin populer,termasuk di Indonesia. E-sport, misalnya, jadi cabang olahraga percobaan saat ajang Asian Games 2018 . “Dari gamers kasual hingga pemain profesional, publishers dan celebrity streamers ; komunitas gaming secara aktif menggunakan Twitter pada waktu senggang mereka, baik untuk membicarakan tentang gim maupun mendukung tim e-sport favorit,” ujar Martyn UiRen, Head of Research, Asia Pacific, Middle East and North America.

“Potensi industri gim di Indonesia menjanjikan.Perkembangannya pesat yang juga mendorong pertumbuhan subsektor periklanan, video, musik, dan lainnya,” ujar Dwi Adriansyah, Country Indonesia Head. Berikut beberapa insight terkait lanskap gaming di Twitter di Indonesia dari 3.928 responden.

Dominasi Mobile Gaming
Sebesar 73% pengguna Twitter di Indonesia bermain video games dengan ponsel pintar, PC, konsol dan platform lainnya. 67% dari jumlah itu mengklaim menggunakan lebih dari satu perangkat. Mayoritas gamers menggunakan ponsel pintar sebagai perangkat utama(86%), 45% menggunakan PC/laptop, 18% konsol, dan 6% menggunakan perangkat game genggam. Terkait sistem operasi, Indonesia didominasi dengan pengguna perangkat mobile Android.

Genre Terbaik
Gamers laptop/PC lebihmemilih bermain gimaksi/petualangan (56%) dan strategi (52%). Untuk mobile gamers , favoritnya aksi/petualangan (48%), strategi (45%), dan puzzle/casual (44%).45% gamers perempuan menyukai genre puzzle/casual, seperti Candy Crush atau Subway Surfers. Sementara 47% gamers laki-laki cenderung menyukai genre aksi/petualangan seperti Mobile Legends:Bang Bang atau PUBG Mobile.

Biaya Tak Jadi Masalah
Sebesar 36% dari gamers mengeluarkan biaya sekitarRp15.000 hingga Rp60.000 setiap bulan. Gamers PC/laptop bersedia merogoh kocek lebih banyak. 9% gamers laptop/PC menghabiskan lebih dari Rp150.000 setiap bulan untuk game . 48% audiens gaming di Twitter di Indonesia bersedia membayar sejumlah uang untuk gaming. (Danang Arradian)
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3727 seconds (0.1#10.140)