alexametrics

Enam Fitur Yamaha NMAX yang Bikin Jadi Perhatian

loading...
A+ A-
JAKARTA - Apakah kamu sedang mencari skutik untuk menemani aktivitas berkendaramu sehari-hari? Jika iya, mungkin Yamaha NMAX bisa menjadi salah satu opsi skutik yang dapat kamu beli. Pasalnya setelah diluncurkan oleh Yamaha di tahun 2015, NMAX langsung menjadi skutik favorit para konsumen di Indonesia.

Sejak diluncurkan Yamaha pada tahun 2015, NMAX memang langsung menjadi skutik incaran para konsumen di Indonesia. Tak heran, pabrikan berlogo garpu tala ini pun langsung kebanjiran pemesanan. Bahkan, sampai setahun berikutnya, peminat sepeda motor Yamaha NMAX masih harus merasakan inden yang lama sebelum resmi mendapatkannya. Saat itu, NMAX bisa dibilang sukses membuka lahan baru di kelas skutik high end.

Hal ini tentunya dapat dipahami. Pasalnya, skutik berbodi bongsor ini hadir dengan membawa desain khas sepeda motor Eropa. Dengan identitas baru yang diusung Yamaha NMAX, tak heran membuat sepeda motor ini menjadi laris manis di pasar Indonesia.



Memasuki usia empat tahun, NMAX masih menjadi salah satu sepeda motor favorit konsumen Yamaha. Bahkan, penjualan sepeda motor yang masuk dalam kategori Maxi Yamaha ini disebut-sebut telah menggeser skutik Yamaha Mio yang berada di segmen entry level.

Sebagai informasi, sepeda motor Yamaha NMAX dibuat oleh Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), anak perusahaan Yamaha Motor Company di Indonesia. Skutik kelas high end ini diluncurkan secara resmi di Indonesia pada bulan Februari 2015. Kala itu, peluncurannya diadakan di Sirkuit Sentul, Bogor.

Saat itu, sepeda motor Yamaha NMAX dirancang sebagai sebuah model global yang akan berbasis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara. Di tahun tersebut, sepeda motor Yamaha NMAX diperkenalkan sebagai anggota terbaru dari seri MAX. Seri ini merupakan jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha. Model yang populer dari seri MAX sendiri di Eropa maupun Amerika adalah TMAX dan XMAX.

Perlu diketahui, nama sepeda motor Yamaha NMAX memiliki empat unsur filosofi. Empat filosofi tersebut yaitu New Max Design, New Balance, Nimble Manuver, dan Neat Performance. New Max Design mempunyai arti bahwa sepeda motor Yamaha NMAX adalah varian baru sesudah TMAX dan XMAX yang sudah dirilis terlebih dahulu untuk pasar Eropa dan Amerika.

Karena itu, tak heran jika sepeda motor Yamaha NMAX disebut-sebut sebagai generasi terbaru yang mengusung New Design pada Max series. Selanjutnya, ada New Balance yang punya arti bahwa sepeda motor Yamaha NMAX menjamin akses mudah dalam mengendarai skutik tersebut. Sepeda motor Yamaha NMAX merupakan medium skutik yang cocok untuk semua postur tubuh.

Hal tersebut bisa dilihat dari riding position yang dibangun dengan fleksibilitas tinggi sesuai kebutuhan pengendara serta menjamin kenyamanan maksimum untuk berkendara dengan skutik. Sedangkan, Nimble Manuver memiliki makna bahwa sepeda motor Yamaha NMAX merupakan skutik nyaman untuk diajak bermanuver dengan lincah serta siap memberikan pengalaman berbeda untuk para pengendara.

Yang terakhir, Neat Performance yang berarti bahwa skuter matik dengan desain bongsor ini memiliki performa yang handal lewat mesin 150 cc dan telah dilengkapi dengan teknologi Blue Core dan VVA (Variable Valves Actuation). Kedua teknologi ini mampu menjamin performa sepeda motor Yamaha NMAX lebih bertenaga meski tetap irit bahan bakar.

Selain empat unsur filosofi di atas, sepeda motor Yamaha NMAX pun memiliki identitas lainnya berupa cover body yang dibentuk seperti bumerang pada sisi samping. Identitas pada sepeda motor Yamaha NMAX tersebut merupakan ciri khas dari Yamaha Max Series.

Bahkan, sampai di tahun 2019, minat konsumen di Indonesia terhadap sepeda motor Yamaha NMAX pun tetap sangat tinggi. Berdasarkan harga yang terdapat di Blibli, harga motor NMAX saat ini dibanderol pada kisaran 27 juta-29 juta Rupiah (Non-ABS) serta kisaran 30 juta-33 juta Rupiah (ABS).

Jika dibandingkan dari harga sepeda motor Yamaha NMAX ketika pertama kali diluncurkan di tahun 2015, yang berada pada harga 27,4 juta Rupiah (On The Road Jakarta). Tentunya sangat jelas bahwa harga sepeda motor Yamaha NMAX terus stabil hingga di masa sekarang. Hal ini sudah pasti menunjukkan bahwa minat konsumen pada skutik andalan dari Yamaha ini tidak pernah surut.

Seperti diketahui, sepeda motor Yamaha NMAX bukanlah skutik 150 cc dengan desain bongsor pertama yang ada di Indonesia. Honda PCX lebih dulu diperkenalkan pada tahun 2012. Hanya saja, skutik produksi Thailand ini tidak mendapat respons yang baik dari konsumen.

Sementara itu, sepeda motor Yamaha NMAX yang "terlambat" muncul, ternyata sangat menggiurkan. Hal ini dapat dimaklumi karena harganya yang jauh lebih murah dan sudah diproduksi di Indonesia.

Nah, selain harga yang terhitung murah untuk skutik dengan desain mewah yang telah diproduksi di Indonesia, ternyata masih ada banyak keunggulan dari sepeda motor Yamaha NMAX. Berikut ini adalah 6 keunggulan dari sepeda motor Yamaha NMAX.

1. Desain Mewah dan Modern

Poin pertama ini tentunya akan membuat para peminat dan pengguna sepeda motor Yamaha NMAX sangat setuju. Tampilan yang mewah dan terbilang berbeda dari sepeda motor kebanyakan, jelas membuat NMAX menjadi digemari. Eksterior pada sepeda motor Yamaha NMAX yang simpel dan sederhana, detailnya yang rapi juga membuat skutik ini terlihat elegan.

Seperti yang sudah disebut sebelumnya, sepeda motor Yamaha NMAX memang membawa desain khas sepeda motor Eropa. Saat itu, sepeda motor Yamaha NMAX dirancang sebagai sebuah model global yang akan berbasis produksi di Indonesia dan akan diekspor ke mancanegara.

Di tahun tersebut, sepeda motor Yamaha NMAX diperkenalkan sebagai anggota terbaru dari seri MAX. Seri ini merupakan jajaran maksi-skuter sporty dari Yamaha. Model yang populer dari seri MAX sendiri di Eropa maupun Amerika adalah TMAX dan XMAX.

Karena termasuk jajaran maksi-skuter sporty yang bersanding dengan TMAX dan XMAX, tak heran hal ini membuat desain sepeda motor Yamaha NMAX dirancang menjadi lebih elegan dan modern.

2. Mesin Tangguh dan Hemat Bahan Bakar

Sepeda motor Yamaha NMAX mengusung mesin berkapasitas 150 cc dengan teknologi VVA (Variable Valves Actuation) terbaru sehingga lebih bertenaga sekaligus dapat mengontrol konsumsi bahan bakar dengan lebih efisien. Sepeda motor Yamaha NMAX pun mempunyai tenaga dan torsi paling besar di kelasnya yakni 11.1 kW/8000 rpm serta torsi 14.4 Nm/6000 rpm.

Teknologi VVA (Variable Valves Actuation) menjaga tenaga dan torsi maksimum di semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA (Variable Valves Actuation) bekerja di head cylinder, di mana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA (Variable Valves Actuation), sehingga tenaga dan torsi tetap maksimum di setiap putaran.

Teknologi VVA (Variable Valve Actuating) yang diterapkan pada sepeda motor Yamaha NMAX merupakan teknologi cam yang difungsikan sebagai pengubah timing, durasi, serta lift valve (klep) pada mesin 4 tak. Hal ini dilakukan dengan jalan menerapkan profil cam yang berbeda di kala putaran mesin rendah (low) dan di kala putaran mesin tinggi (high).

Mesin pada sepeda motor Yamaha NMAX ini menggunakan teknologi BlueCore, yang merupakan identitas utama dari Yamaha. Teknologi Blue Core ini juga membuat sepeda motor Yamaha NMAX menjadi lebih hemat bahan bakar. Teknologi Blue Core pun membuat mesin sepeda motor Yamaha NMAX ini dapat menghasilkan kecepatan maksimum 121 km/h dan konsumsi bahan bakarnya hanya 0.88 liter untuk menempuh jarak sejauh 31.6 km.

Tak hanya itu saja, bagian panel instrument pada sepeda motor Yamaha NMAX juga sudah menggunakan format Multi Information Display (MID) yang menyajikan informasi seperti ODO Meter, Trip 1 dan 2, Oil Trip, V-Belt Trip, Fuel ECO indicator dan Average Fuel ECO indicator. Untuk fitur keselamatan, sepeda motor Yamaha NMAX juga tersedia varian anti-lock braking system (ABS).

3. Posisi Riding Style yang Nyaman

Tidak hanya dari bentuk bongsor dan desain bodi sepeda motor Yamaha NMAX ala motor Eropa, skutik ini juga menerapkan posisi riding style yang nyaman. Posisi riding style sepeda motor Yamaha NMAX memang dirancang senyaman motor-motor keluaran Eropa.
Posisi riding style yang tidak menyebabkan pegal, jok yang luas, serta bodi yang kokoh membuat sepeda motor Yamaha NMAX ala Eropa sangat nyaman untuk dikendarai, baik secara harian, maupun untuk keperluan touring. Yang pasti, kamu tidak akan merasakan pegal apabila harus berkendara menembus kemacetan jalanan perkotaan ataupun harus melibas jalan raya yang panjang untuk pergi touring.

4. Mudah Dimodifikasi

Poin lainnya yang menjadi keunggulan sepeda motor Yamaha NMAX sehingga semakin diminati oleh konsumen di Indonesia adalah skutik ini mudah untuk dimodifikasi. Sepeda motor Yamaha NMAX mudah dipersonalisasi dengan hanya mengganti peranti yang terbilang sederhana. Misalnya, bagian Windshield yang dapat diganti dan mengubah tampilan sepeda motor Yamaha NMAX secara cukup signifikan.

Selain itu, dukungan aksesoris untuk sepeda motor Yamaha NMAX yang amat banyak, meliputi ban, stiker, bodi, lampu-lampu, jok, spion, bahkan knalpot sekalipun dapat dengan mudah dijumpai di seluruh toko aksesoris motor yang ada di Indonesia. Karena itu, setiap pengguna konsumen sepeda motor Yamaha NMAX pasti akan senang memodifikasinya sesuai preferensi masing-masing.

5. Dimensi yang Lebar dan Bagasi Lapang

Tergolong sebagai skutik berbadan bongsor, sepeda motor Yamaha NMAX mempunyai dimensi dengan panjang 1.955 mm, lebar 740 mm, dan tinggi 1.115 mm. Kenyamanan berkendara juga didukung dengan bagasi yang lapang dengan kapasitas 23 liter.

Jika kebanyakan sepeda motor hanya bisa menaruh helm saja, maka tidak demikian dengan bagasi Yamaha NMAX yang lapang dengan kapasitas 23 litas. Luas bagasinya, selain bisa digunakan untuk menyimpan helm, juga muat untuk menyimpan tas berisi laptop 14 inci.

6. Ukuran Ban dan Velg Lebih Lebar

Sepeda motor Yamaha NMAX diketahui mempunyai velg dengan diameter 13 inci sehingga terhitung lebar untuk ukuran skutik. Selain itu, spek velg yang digunakan oleh sepeda motor Yamaha NMAX dapat dipasangkan ukuran ban lebih lebar. Contohnya, yaitu ban ukuran, 110/70-13 untuk bagian depan dan 130/70-13 buat belakang, lebar velg 3.00x13 (depan) dan lebar velg 3.50x13 (belakang).

Apalagi, saat ini juga telah tersedia opsi velg berwarna emas yang membuat sepeda motor Yamaha NMAX tampil lebih kekinian. Generasi terbaru dari sepeda motor Yamaha NMAX telah dibekali dengan Rear Sub Tank Suspension. Suspensi tabung ini mampu memberikan pengalaman berkendara yang lebih nyaman dan stabil di berbagai kondisi jalan.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top