VW Berencana Gunakan Robot pada Pengisian Daya Mobil Listrik

Jum'at, 27 Desember 2019 - 20:40 WIB
VW Berencana Gunakan Robot pada Pengisian Daya Mobil Listrik
VW Berencana Gunakan Robot pada Pengisian Daya Mobil Listrik
A A A
WOLFSBURG - Belum semua produsen mobil mengembangkan mobil listrik miliknya. Tapi Volkswagen (VW) justru sudah menerapkan inovasi terbaru di industri mobil ramah lingkungan tersebut.

VW berencana menghadirkan sistem robot dalam pengisian baterai di mobil listriknya. Bahkan, robot tersebut juga bisa mengisi daya kendaraan di tempat parkir, cukup dengan menggunakan ponsel pintar.

Robot tersebut memiliki paket baterai masing-masing 25 kWh dan dapat melakukan pengisian 50 kWh dengan pengisian cepat DC. Selain itu, proses pengisiannya juga bisa dilakukan pada beberapa baterai secara bersamaan.

Robot pengisian daya yang dapat menggunakan ponsel pintar ini akan memicu revolusi dalam hal pengisian daya di berbagai fasilitas parkir. "Dengan teknologi ini, kami membuat hampir setiap tempat parkir mobil listrik tanpa infrastruktur rumit yang melibatkan individu," kata Mark Moller, Kepala Pengembangan Komponen Volkswagen, dilansir dari Electrek, Jumat (27/12/2019).

Mark optimistis, perusahaannya dapat mewujudkan rencana ini dengan cepat. Sekarang VW sudah memiliki prototipe yang terdiri dari robot otonom dan perangkat penyimpanan daya.

Menurut perusahaan, teknologi ini dapat membuat biaya instalasi jauh lebih murah. Alasannya, hanya memerlukan sistem pada sebagian kecil garasi parkir. Hanya saja VW belum bisa memastikan kapan penerapan robot tersebut direalisasikan.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8522 seconds (0.1#10.140)