alexametrics

Dituduh Merusak Harga Pasaran, China Beri Sanksi Toyota

loading...
A+ A-
JAKARTA - Otoritas China mendenda Toyota Motor Corp sebesar 87,6 juta yuan soal penjualan merek Lexus yang dituding oleh China melakukan kecurangan.

Seperti dilansir dari reuters, keputusan itu muncul saat China memperketat peraturan tentang penjualan kendaraan di pasar yang terjual lebih dari 28 juta unit tahun lalu.

Menurut undang-undang anti-monopoli, pabrikan Jepang dikatakan telah menetapkan penjualan minimum dan harga jual kembali kendaraan premium di Provinsi Jiangsu selama 2015-2018, dan dikatakan bahwa mereka telah mengambil otonomi penetapan harga antara dealer dan merusak hak-hak pelanggan.



Selain itu, Lexus juga menetapkan strategi penjualannya selama periode tersebut, termasuk menawarkan diskon kepada pelanggan dan pada saat yang sama meminta mereka untuk membeli aksesori dengan harga tetap.

Ini adalah taktik penjualan yang umum digunakan oleh dealer mobil di China.

Seorang juru bicara Toyota mengatakan mereka menyadari hukuman itu, tetapi tidak berkomentar lebih lanjut.

Meskipun pasar China telah menurun dalam penjualan, Lexus terus mencatat penjualan, dengan lebih dari 180 ribu kendaraan terjual dalam 11 bulan pertama tahun ini - peningkatan 21% dibandingkan tahun lalu.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top