alexametrics

4 Langkah Paling Aman Atasi Mobil Matic Saat Terendam Banjir

loading...
A+ A-
JAKARTA - Ratusan bahkan mungkin ribuan mobil kejebak dan terendam banjir awal tahun 2020. Bukan hanya terendam bahkan ada yang terseret arus banjir. Lalu langkah apa yang harus dilakukan jika hal ini terjadi, apalagi Anda pemilik mobil dengan transmisi otomatis.

Saat banjir, tak jarang banyak pemilik mobil yang menerjang genangan banjir untuk bisa sampai ke tempat tujuan. Padahal memaksakan mobil untuk menerobos banjir bukanlah hal yang baik, apalagi jika mobil yang anda miliki adalah sistem transmisi matic.

Hal ini karena mobil matic lebih rentan mengalami kerusakan dibandingkan mobil manual. Jika memang banjir sudah setengah ban, maka sebaiknya hindari melewati jalanan tersebut.



Mobil matic memiliki valve transmission yang cukup sensitif dengan air. Sehingga sangat berbahaya jika sampai terkena air banjir.

Meskipun beberapa pabrikan mobil biasanya sudah mengantisipasi dengan penempatan beberapa komponen-komponen yang rentan dengan air di tempat yang lebih tinggi. Namun saat melewati banjir, komponen-komponen tersebut dapat berpotensi terkena cipratan air. Bahkan sebagian besar pemilik mobil biasanya tidak terasa jika komponen-komponen dalam sistem transmisi terkena air.

Namun bagaimana jika mobil matic terlanjur menerjang banjir yang cukup dalam? Maka cara mengatasi mobil matic kebanjiran ini mungkin bisa anda lakukan.

Berikut 4 cara mengatasi Mobil Matic yang kena Banjir


1. Geser tuas ke N dengan menekan shift lock. Tarik mobil dari lokasi banjir sesegera mungkin.

2. Jangan sekali-kali mencoba menghidupkan mesin mobil. Meskipun hanya sesaat atau coba-coba. Jangan pula men-jumper baterry.

3. Lepas konektor baterry di kutup negatif. Untuk menghindari dampak buruk lain pada sistem kelistrikan.

4. Segera panggil towing, dan bawa mobil matic ke bengkel yang tahu betul sistem mekanis, hidrolis, kelistrikan, dan komputer mobil matic.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top