Tesla Adakan Sayembara Bagi Peretas yang Bisa Bobol Model 3

loading...
Tesla Adakan Sayembara Bagi Peretas yang Bisa Bobol Model 3
Tesla Adakan Sayembara Bagi Peretas yang Bisa Bobol Model 3
JAKARTA - Kecanggihan teknologi yang ada pada mobil memang dikhawatirkan rentan dibobol. Sebab, para penjahat digital bisa saja mencari celah untuk memanfaatkannya secara negatif.

Sebagai upaya mencegah hal tersebut, Tesla mengumumkan sayembara khusus bagi para peretas, untuk menemukan celah keamanan pada sedan Model 3 miliknya. Jika ada peretas yang berhasil menemukannya, akan diganjar hadiah sebesar USD1 juta atau sekitar Rp13,7 miliar.

Melansir laman Electrek, Rabu (15/1/2020), sebelumnya sekelompok peretas berhasil membobol sistem keamanan mobil yang terkoneksi. Mereka dihadiahi mobil Tesla Model 3 beserta uang tunai USD35,000 atau sekitar Rp479 juta.

Kelompok itu membobol Model 3 dengan ilegal, karena dilakukan dalam kompetisi Pwn20wn di Vancouver, Kanada. Kelompok peretas bernama Fluoroacetate itu membongkar rapuhnya sistem koneksi kendaraan.



Dalam kompetisi itu, mayoritas peretas menyerang sistem hiburan yang terdapat pada Tesla Model 3. Rencananya, kompetisi serupa tahun ini bakal menggunakan Model 3 juga sebagai korbannya.

Tidak hanya sektor keamanan, peretas juga bisa mengakali sistem koneksi pada Tesla Model S. Ketika dikendarai, mobil bisa saja dibuat melaju di jalur yang salah, melalui metode adversarial attack dengan cara memanipulasi sistem Machine Learning.
(wbs)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top