Anti-Virus Gratisannya Dituding Curi Data Pengguna, Ini Pembelaan Avast

Kamis, 30 Januari 2020 - 20:00 WIB
Anti-Virus Gratisannya Dituding Curi Data Pengguna, Ini Pembelaan Avast
Anti-Virus Gratisannya Dituding Curi Data Pengguna, Ini Pembelaan Avast
A A A
JAKARTA - Survei PCMag dan Motherboard menyoroti praktik antivirus AVast AVG terkait data pribadi pengguna. Antivirus gratis mengklaim mereka mengumpulkan data secara anonim. Ini memungkinkan raksasa web untuk melacak semua aktivitas internet Anda.

Laman Giz China melaporkan, Avast dan anak perusahaannya AVG, sekali lagi diduga terlibat dalam kasus penjualan data pribadi. Kali ini, terkait dengan solusi antivirus gratisnya yang dituduh mengumpulkan dan berbagi informasi pribadi.

Merujuk PCMag dan Motherboard, ungkap Giz China, telah melakukan penyelidikan bersama yang mengungkap bagaimana antivirus mengkhianati penggunanya demi raksasa seperti Microsoft, Amazon atau bahkan Google. Selain dari dunia open-source, perangkat lunak dan layanan yang benar-benar gratis menjadi semakin langka.

Jika beberapa konten untuk mengingatkan kita secara teratur bahwa kita harus mendapatkan lisensi, yang lain menggunakan metode yang kurang lebih licik untuk memastikan keuntungan mereka. Sangat sering, ini adalah bagaimana pengguna pada akhirnya menjadi produk tanpa menyadarinya.

Metode ini jelas menimbulkan masalah kepercayaan. Terutama ketika layanan atau perangkat lunak seharusnya melindungi penggua dan memastikan kerahasiaannya.

Apakah Anti-Virus Gratis Akan Menjadi Spyware?
Solusi antivirus gratis AVG diduga memantau semua aktivitas Anda di internet dan membagikannya dengan Jumpshot, anak perusahaan yang berspesialisasi dalam pemasaran online. Secara khusus, mereka mengumpulkan riwayat penelusuran dan data yang berkaitan dengan pembelian online.

Pelanggan Jumpshot dengan demikian dapat mengetahui persis perjalanan dan jenis konsumsi Anda. Dengan biaya Avast, perangkat lunak ini menawarkan opsi untuk menerima atau menolak berbagi data. Dia menetapkan bahwa mereka "sepenuhnya anonim dan tidak dapat digunakan untuk mengidentifikasi atau menargetkan Anda".

Survei PCMag dan Motherboard menunjukkan koleksinya jauh dari anonim. Meskipun tidak terikat dengan alamat IP atau email, Avast mengaitkannya dengan apa yang mereka sebut "ID perangkat". Identifier unik dan gigih ini seharusnya menjamin anonimitas pengguna, tapi pengembang mengkhianati identitas Anda.

Jika ID perangkat 1234 pergi ke Amazon untuk membeli iPad Pro dari Safari v.13.0.4 pada 25/12/20 pada 14 jam 34 menit 33 detik dan 72 ms, maka Amazon tidak memiliki masalah mengetahui siapa itu. Jika Anda ingin tetap anonim, nonaktifkan pengumpulan data atau pilih antivirus gratis yang lebih baik.

Bagaimana respons Avast? Spesialis keamanan itu memastikan untuk memahami dan mengambil tanggung jawab serius menyeimbangkan privasi pengguna dengan penggunaan data yang diperlukan untuk produk keamanan utamanya.

“Pada Desember 2019, kami dengan cepat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk memenuhi standar toko ekstensi browser. Kami sekarang mematuhi persyaratan mereka untuk ekstensi keamanan online kami,” kata Avast dalam pernyataan resminya seperti dilansir dari laman Giz China.

"Pada saat yang sama, kami telah sepenuhnya berhenti menggunakan data ekstensi browser untuk tujuan selain mesin keamanan utama. Termasuk berbagi dengan Jumpshot, afiliasi kami," tambahnya.

Avast memastikan Jumpshot tidak memperoleh informasi identifikasi pribadi, termasuk nama, alamat email, atau detail kontak. Pengguna selalu memiliki opsi untuk menolak berbagi data dengan Jumpshot.

Pada bulan Juli 2019, pihaknya sudah mulai menetapkan pilihan penerimaan atau penolakan eksplisit untuk semua unduhan baru perangkat lunaknya. "Dan kami sekarang mengundang pengguna gratis kami saat ini untuk membuat pilihan penerimaan atau penolakan, sebuah proses yang akan selesai pada Februari 2020," tutur perwakilan Avast.

Kebijakan privasi Avast merinci perlindungan yang mereka buat untuk semua penggunanya. Pengguna juga dapat memilih untuk menyesuaikan tingkat privasi mereka menggunakan berbagai parameter yang tersedia di produknya.

"Ini termasuk mengendalikan berbagi data setiap saat. Kami secara sukarela mematuhi persyaratan privasi GDPR dan California Consumer Protection Act (CCPA) untuk seluruh basis pengguna global kami," katanya.

Avast juga mengklaim memiliki sejarah panjang dalam melindungi perangkat dan data pengguna dari malware. Tentu saja, perusahaan memahami dan menganggap serius tanggung jawab menyeimbangkan privasi pengguna dengan penggunaan data yang diperlukan untuk produk keamanan inti kami.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.9729 seconds (0.1#10.140)