alexametrics

Datsun 240 Z Buatan 1970 Dilelang Rp4,27 Miliar

loading...
A+ A-
JAKARTA - Datsun 240 Z merupakan mobil terlaris di Amerika Serikat di masanya. Dari sekitar 168 ribu unit yang dipasarkan di dunia, 148 ribu unit di antaranya merupakan pesanan masyarakat Negeri Paman Sam.

Kini, kendaraan itu bisa dikatakan mobil klasik. Berkat ketenarannya, salah satu jejak kepopuleran Datsun 240 Z dilelang secara daring melalui laman Bring a Trailer, dibuka dengan harga USD310 ribu atau sekitar Rp4,27 miliar.

Mobil lelangan itu dirakit pada 1970. Warna hijaunya masih terlihat mulus, dan baru melaju dengan jarak tempuh sekitar 35 ribu kilometer.



Meski usianya hampir setengah abad, mobil ini kabarnya hanya mengalami restorasi ringan dengan penggantian karburator, menambah pelumas, memasang ban baru, dan perawatan detailing pada bodinya.

Datsun menanamkan mesin bertipe enam silinder segaris berkapasitas 2.4 L OHC. Dengan mesin tersebut, mobil tua ini bisa dipacu mencapai 150 hp dengan torsi 197 Nm, yang seluruhnya tersalur melalui transmisi manual empat percepatan untuk melaju hinga 201 Kpj.

Selain terawat dengan apik dan usianya yang klasik, yang membuat Datsun 240 Z ini tinggi adalah masih terpasangnya stiker jendela original dari pabrikan.

Terlebih, di bagian dasbor serta aksesori dalam kabin yang terdapat logo khas Z pada karpetnya, diklaim masih dalam keadaan utuh dan belum pernah dibongkar.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top