Qualcomm Pamer Hasil Video 8K Pertama dengan Ponsel Snapdragon 865

Kamis, 06 Februari 2020 - 06:04 WIB
Qualcomm Pamer Hasil Video 8K Pertama dengan Ponsel Snapdragon 865
Qualcomm Pamer Hasil Video 8K Pertama dengan Ponsel Snapdragon 865
A A A
REDMOND - Chipset terbaru Qualcomm, Snapdragon 865 akan mendukung perangkat kelas atas di tahun ini. Pembuktiannya dimulai dengan Samsung Galaxy S20 yang diumumkan pekan depan.

Hari ini, Qualcomm mengunggah sampel video 8K yang direkam menggunakan perangkat keras yang didukung oleh chipset baru tersebut. Spectra 480 ISP ditemukan di dalam Snapdragon 865 dan dapat memproses 2 gigapixels per detik. Secara teoritis juga mampu menangkap gambar 200 MP dan secara bersamaan menangkap video 4R HDR dan gambar 64 MP.

Laman GSM Arena melaporkan, handphone dengan Snapdragon 865 dapat menangkap kualitas gambar profesional dan mengemas fitur kamera baru yang menarik, termasuk pengambilan video 8K. Lihat lansekap dramatis Arizona dalam video 8K yang dimuat dengan kapasitas 33 megapiksel ini.

Perangkat keras yang digunakan merupakan chipset Qualcomm yang dipasangkan dengan sensor Sony IMX586 48MP pada "smartphone prototipe". Kualitas videonya sendiri sulit dinilai. Video diambil dengan perangkat keras pra-produksi dan video yang dihasilkan terlihat berisik dan kasar, yang bisa disebabkan oleh kompresi YouTube atau perangkat keras yang sebenarnya.

Sepertinya video 8K bakal segera singgah ke smartphone, khususnya edisi flagship. Manfaat paling cepat dari merekam video dalam resolusi tinggi ialah guna menurunkan sampel ke resolusi 4K.

Lagi pula, hal serupa terjadi dengan sensor kamera quad-bayer yang mengambil lebih banyak detail untuk menghasilkan gambar lebih jelas. Selain itu, jika video 8K menjadi lebih lazim, kita membutuhkan penyimpanan yang lebih besar untuk menyimpannya.

Dikabarkan bahwa Galaxy S20 Ultra dapat merekam video dalam resolusi 8K dengan sensor kamera 108 MP-nya. Kemampuan yang selama ini ditunggu oleh para penggemar Samsung Galaxy seri S maupun Note.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2739 seconds (0.1#10.140)