Sambut Usia Emas, Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung

Sabtu, 15 Februari 2020 - 21:00 WIB
Sambut Usia Emas, Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung
Sambut Usia Emas, Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung
A A A
BELITUNG - Eksistensi PT Sharp Electronics Indonesia selama hampir 50 tahun terakhir bersama keluarga Indonesia tidak hanya diwarnai meluncurkan beragam produk. Untuk mengimbanginya, Sharp Indonesia juga terus menggelar berbagai aksi sosial, terutama yang erat kaitannya dengan lingkungan.

Dalam rangka perayaan hari jadinya yang ke 50 tahun, Sharp Indonesia mewujudkan tanggung jawab sosial tersebut dengan melakukan kegiatan corporate social responsibility (CSR) berupa "Aksi Nyata Untuk Bumi: Rehabilitasi Terumbu Karang".

Terumbu karang kembali menjadi fokus utama Sharp Indonesia mengingat perannya yang penting untuk ekosistem laut dan menjaga iklim Bumi. Aksi serupa pernah dilakukan Sharp Indonesia pada 2010, 2015, 2016, 2017, dan saat ini di tahun 2020.
Sambut Usia Emas, Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung

Rehabilitasi terumbu karang dilaksanakan pada 15 Februari 2020, bertempat di Karang Salam, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka-Belitung. “Kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan perayaan ulang tahun Sharp Indonesia, kami sadar perusahaan bisa besar dan bertahan selama 50 tahun di Indonesia bukan hanya dukungan dari konsumen dan partner setianya, tapi juga karena ditunjang oleh lingkungan yang sehat," kata Agus Soewadji, Assistant General Manager Marketing Communications PT Sharp Electronics Indonesia di Belitung, Sabtu (15/2/2020).

Sebagai kontribusinya pada lingkungan dan alam, ucap dia, pada hari ini Sharp Indonesia melakukan kegiatan tanggung jawab sosial berupa rehabilitasi terumbu karang. Ini merupakan bagian dari perayaan hari jadinya yang ke 50 tahun.

Indonesia sebagai negara yang dikaruniai terumbu karang dengan luas hingga 2,5 juta hektare (ha) patut dilestarikan dengan baik. Sebab terumbu karang membawa bermacam manfaat penting, termasuk mengurangi penyebab pemanasan global. "Kemampuannya dalam menyerap CO2 dan memproduksi O2 turut berperan sebagai pelindung bagi ekosistem yang ada di sekitarnya dan mampu melindungi daratan dari abrasi," imbuhnya.

Sayangnya, lanjut Agus, jumlah terumbu karang saat ini perlahan hilang akibat penangkapan ikan yang tidak semestinya, pembangunan daerah pesisir, hingga pencemaran dan perubahan iklim. Padahal terumbu karang merupakan salah satu makhluk hidup yang memerlukan waktu lama untuk berkembang biak. Diperlukan sekiranya juta tahun lamanya agar terumbu karang dapat hidup cantik sempurna.
Sambut Usia Emas, Sharp Indonesia Rehabilitasi Terumbu Karang di Belitung

Agus mengutarakan, menipisnya jumlah terumbu karang dapat berimbas buruk pada ekosistem di sekitarnya. Selain merusak pariwisata, hilangnya terumbu karang juga memudahkan potensi bencana alam seperti erosi pantai hingga abrasi. Oleh karena itu, Sharp Indonesia pun tak tanggung-tanggung untuk menanam sebanyak 500 terumbu karang guna menciptakan kehidupan terumbu karang yang lebih baik.

“Diwakili oleh rekan-rekan jurnalis, hari ini kami menanam sebanyak 100 terumbu karang di daerah ini. Lewat mitra NGO kami, yakni Yayasan Terangi (Terumbu Karang Indonesia), terumbu karang tersebut akan terus dipantau dan dirawat dengan baik agar dapat terus tumbuh dan befungsi seperti semula," harap Agus.

Senior PR & Brand Communications Manager, PT Sharp Electronics Indonesia, Pandu Setio menambahkan, perusahaan juga berharap kontribusi kecil ini dapat berdampak baik untuk ekosistem sekitarnya. "Dan tentunya untuk masa yang akan datang, kami akan terus berusaha untuk berkontribusi dalam pelestarian lingkungan yang merupakan fokus utama kami dalam melakukan kegiatan CSR," kata Pandu.

Hal ini dikarenakan Sharp ingin terus mengembangkan bisnisnya di masa depan. Jadi sudah merupakan kewajiban bagi Sharp Indonesia untuk ikut berperan dalam menjaga lingkungan agar generasi penerus dapat tetap hidup aman nyaman dan damai.

Ditambahkannya, melalui kegiatan ini, diharapkan Sharp Indonesia tidak hanya bermanfaat bagi masyarakat luas, namun juga kepada lingkungan dan Bumi. "Melalui produk-produknya kami selalu berusaha melakukan inovasi guna memenuhi kebutuhan akan produk elektronik yang berkualitas dan ramah lingkungan, sedangkan melalui kegiatan tanggung jawab sosialnya, Sharp Indonesia selalu berusaha untuk memberikan kontribusi positif bagi kesejahteraan masyarakat dan pelestarian lingkungan guna memberikan lingkungan yang nyaman bagi konsumennya," pungkas Pandu.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6661 seconds (0.1#10.140)