Bidik Milenial, PasarPolis-Gojek Luncurkan Asuransi Mikro GoSure

Selasa, 18 Februari 2020 - 21:48 WIB
Bidik Milenial, PasarPolis-Gojek Luncurkan Asuransi Mikro GoSure
Bidik Milenial, PasarPolis-Gojek Luncurkan Asuransi Mikro GoSure
A A A
JAKARTA - Guna memperluas jangkauan asuransi di Indonesia, platform insurtech PasarPolis baru-baru ini berkolaborasi dengan Gojek meluncurkan GoSure. Ini merupakan inovasi terbaru dalam aplikasi Gojek yang menawarkan berbagai layanan asuransi mikro untuk melindungi pengguna dalam menjalankan aktivitas sehari-hari.

GoSure hadir dengan tiga keunggulan utama, yaitu harga premi yang terjangkau, proses klaim asuransi yang lebih sederhana, dan berbagai jenis perlindungan asuransi. Saat ini, GoSure menawarkan tiga produk perlindungan, yaitu asuransi perjalanan, asuransi sepeda motor, dan asuransi layar ponsel. Sejak diluncurkan dalam versi Beta pada Oktober 2019, GoSure mendapatkan respons positif dari pelanggan, yang mayoritas berasal dari kaum milenial. Pada bulan Januari 2020, total produk asuransi yang dijual melalui GoSure telah meningkat 60 kali lipat sejak peluncuran versi Beta.

"Melalui GoSure, kami ingin mengubah stigma di masyarakat mengenai asuransi yang dianggap mahal maupun proses klaim yang ribet. Asuransi juga tidak lagi terbatas pada perlindungan kesehatan ataupun rumah. Layanan asuransi mikro mampu memberikan perlindungan lebih untuk memberikan solusi bebas khawatir dalam menjalankan aktivitas, contohnya proteksi layar ponsel,” kata Cleosent Randing, CEO PasarPolis.

Pada kesempatan yang sama, Sony Radhityo, Head of Third Party Platform Gojek, mengatakan, layanan GoSure membantu pelanggan Gojek untuk mengakses produk-produk asuransi mikro yang terjangkau dan mencakup beragam kebutuhan. "Kami berharap, GoSure dapat membantu pelanggan Gojek untuk menjalankan kesehariannya dengan lebih nyaman dan tanpa rasa khawatir. Kami juga memastikan para pelanggan mendapatkan user experience terbaik karena sekarang, semua produk asuransi tersebut telah tersedia dalam satu aplikasi saja,” ujarnya.

Asuransi Mikro dengan Paten Teknologi
Retaknya layar ponsel merupakan salah satu masalah paling umum yang terjadi pada pengguna smartphone. Menurut survei 2017 yang digelar SquareTrade, layar retak adalah masalah nomor satu yang ditemukan di antara pemilik handphone.

Indonesia sendiri merupakan negara dengan jumlah pengguna smartphone terbesar ke-6 di dunia, menurut Statista. Karena itu, tidak heran jika asuransi perlindungan layar ponsel menjadi salah satu produk asuransi mikro paling populer yang ditawarkan melalui GoSure.

Sebagai platform asuransi digital inovatif dan terdepan, PasarPolis terus meningkatkan beragam layanannya dengan sistem teknologi yang canggih. Misalnya saja, asuransi perlindungan layar ponsel telah dilengkapi dengan sistem paten teknologi -pertama dan satu-satunya bagi produk asuransi mikro di Indonesia.

Paten ini memungkinkan pengguna melindungi layar ponselnya, baik unit baru maupun bekas. Ketika membeli produk asuransi ini, pengguna diharuskan berdiri di depan cermin dan mengambil foto selfie dari ponsel mereka. Teknologi PasarPolis akan mendeteksi apakah layar ponsel sudah retak atau belum dan melacak nomor IMEI ponsel sehingga pengguna tidak perlu memasukkannya secara manual. Jika ponsel terdeteksi retak, pengguna menerima pengembalian dana saat mereka mengaktifkan polis asuransinya.

Peluncuran GoSure sejalan dengan rencana PasarPolis untuk berekspansi ke model bisnis B2C (Business-to-Consumer), setelah sebelumnya hanya berfokus pada model bisnis B2B (Business-to-Business) dengan berkolaborasi bersama mitra bisnis strategis, seperti maskapai penerbangan dan OTA (Online Travel Agent). Dalam jangka panjang, PasarPolis akan terus meluncurkan produk-produk asuransi mikro baru melalui GoSure, yang dapat membuat kehidupan masyarakat Indonesia lebih aman dan nyaman.

Tren asuransi mikro memang sedang melonjak di berbagai negara. Konsep baru ini menyederhanakan asuransi tradisional dan menawarkan proteksi untuk hal-hal yang lebih kecil, seperti satu kali penerbangan atau perjalanan. Dengan begitu, harga asuransi dapat turun dan pelanggan kini bisa membeli hanya asuransi yang benar-benar mereka butuhkan.

"Tidak hanya itu, teknologi otomatisasi yang dikembangkan PasarPolis ikut menurunkan harga premi dari tawaran asuransi mikro. Sebagai gambaran, harga satu kali pembelian asuransi mikro sama dengan membeli satu cangkir kopi di kota besar seperti Jakarta," tutur Cleosent.

PasarPolis mengungkapkan bahwa lebih dari 70% pembeli asuransi mikro di GoSure berasal dari kaum milenial. Dengan GoSure, para milenial telah merasakan sendiri kemudahan dan kecepatan proses pembelian asuransi maupun pencairan klaim. "Fitur teknologi dari Gojek, yang didukung oleh proses klaim instan oleh PasarPolis, berhasil merevolusi industri asuransi konvensional yang dulu terkenal dengan prosedur klaim yang rumit dan lama," katanya lagi.

Dengan konsep super-app seperti Gojek, pungka Cleosent, sekarang generasi milenial dapat dengan mudah mengakses dan membeli asuransi kapanpun mereka butuhkan. "Tidak perlu menyiapkan banyak dokumen, tidak perlu pakai metode pembayaran yang rumit. Intinya, tidak ribet,” pungkas Cleosent.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1164 seconds (0.1#10.140)