Uji Kenyamanan dan Noise Ban Dunlop SP Sport LM705, Ini Hasilnya

Jum'at, 21 Februari 2020 - 14:49 WIB
Uji Kenyamanan dan Noise Ban Dunlop SP Sport LM705, Ini Hasilnya
Uji Kenyamanan dan Noise Ban Dunlop SP Sport LM705, Ini Hasilnya
A A A
CIKARANG - Usai memperkenalkan ban Dunlop SP SPORT LM705, PT Sumi Rubber Indonesia (SURINDO), pihak Dunlop juga turut mengajak para awak media untuk merasakan secara langsung keunggulan dari ban Dunlop SP Sport LM705 di Central Park, Meikarta, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat.

Dengan menerapkan Shinobi Technology, pasalnya ban mobil ini diklaim mampu meredam noise dan getaran saat mobil melewati permukaan jalan yang tidak rata dan kasar sehingga berkendara semakin nyaman.

“Teknologi Shinobi adalah Teknologi Baru Dunlop dalam hal desain ban secara Profil dan Pola Telapak, yang dapat mengefektifkan fungsi dinding samping dan telapak ban untuk meredam getaran di jalan bergelombang, sehingga meningkatkan Kenyamanan dan Kesenyapan,”ujar Hendra Himawan, GM Sales Plan & Admin PT Sumi Rubber Indonesia.

Pengujian meliputi Comfort Test atau uji kenyamanan dan Noise Test atau uji kesenyapan untuk mengetahui kemampuan ban meredam getaran dan suara yang timbul ketika mobil melewati permukaan jalan tidak rata dan kasar.
Uji Kenyamanan dan Noise Ban Dunlop SP Sport LM705, Ini Hasilnya

Ditambah manuver High Speed Lane Change Test atau uji perpindahan lajur dalam kecepatan tinggi dan Stability test atau uji kestabilan untuk mengetahui respon dan stabilitas ban ketika mobil melalui jalan yang berkelok.

Pengujian Ban Dunlop SP Sport LM705 dipasangkan pada unit Toyota Camry, sedangkan unit mobil yang sama dipasangkan Ban merk lain. Kami diajak untuk menumpangi kedua mobil tersebut secara bergantian dan disini kami tidak mengendari, tujuannya agar kami bisa benar-benar merasakan perbedaan yang terjadi di dalam mobil dengan kondisi penggunaan ban berbeda.

Pengujian pertama menggunakan mobil yang dibekali dengan ban kompetitor sebagai benchmark. Sementara pengujian kedua menggunakan mobil dengan ban Dunlop SP Sport LM705 di lintasan yang sama.

Pengujian pertama adalah kesenyapan dengan kecepatan di bawah 50 km/jam di lintasan lurus. Perlu konsentrasi untuk bisa menemukan perbedaan di antara keduanya karena memang tidak berbeda jauh. Kesulitan lain adalah tidak ada alat yang bisa menunjukkan berapa desibel suara di dalam kabin. Meski demikian, kami memang merasakan bahwa Dunlop SP Sport LM705 memiliki kesenyapan yang lebih baik.
Uji Kenyamanan dan Noise Ban Dunlop SP Sport LM705, Ini Hasilnya

Kemudian pengujian adalah kemampuan ban dalam menyerap getaran dari jalan yang tidak rata. Ini pun terbilang sulit karena memang sangat bergantung pada kecepatan mobil saat melintas. Meski demikian, guncangan pada ban Dunlop SP Sport LM705 memang sedikit lebih lembut dibandingkan kompetitor.

Pengujian terakhir adalah pada kestabilan berkendara. Pada pengujian ini, mobil dikemudian dengan kecepatan sekitar 90 km/jam kemudian langsung diarahkan ke kanan dan ke kiri. Pengujian ini lebih mudah dirasakan karena sliding pada ban Dunlop SP Sport LM705 tidak sejauh yang terjadi pada ban kompetitor.

Secara umum, Dunlop SP Sport LM705 memang lebih unggul dibandingkan kompetitornya. Terlebih pengujian dilakukan di lintasan basah yang terbilang sulit untuk dikendalikan. Hal ini karena Dunlop telah menggunakan teknologi terbaru mereka yag disebut Shinobi.

Teknologi ini berfokus pada rekayasa rancang dinding sampng ban agar lebih fleksibel dibanding sebelumnya. Dengan ini maka ban lebih baik dalam menyerap kejutan dan gesekan dari dari jalan. Dengan segala keunggulan tersebut, Dunlop SP Sport LM705 bisa menjadi pilihan baru untuk mobil penumpang.

Secara keseluruhan pada sesi pengujian, Dunlop SP Sport LM705 berhasil mengungguli produk kompetitor yang memang menjadi merek bawaan Toyota Camry.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2216 seconds (0.1#10.140)