Rusia Andalkan Teknologi Pengenalan Wajah untuk Cegah Virus Corona

loading...
Rusia Andalkan Teknologi Pengenalan Wajah untuk Cegah Virus Corona
Rusia Andalkan Teknologi Pengenalan Wajah untuk Cegah Virus Corona
A+ A-
MOSKOW - Virus corona telah menelan lebih dari 2.000 jiwa di seluruh dunia. Berbagai negara pun melakukan tindakan pencegahan agar tidak ikut diteror oleh virus mematikan tersebut. Rusia adalah salah satunya.

Untuk menangkal merebaknya virus Corona, Pemerintah Rusia menggunakan teknologi pengenalan wajah (face recognition) guna memastikan orang-orang yang sedang dikarantina di negaranya tetap di rumah, hotel, atau apartemennya.

Melansir situs berita Reuters, Senin (24/2/2020), Wali Kota Moskow, Sergei Sobyanin, mengatakan, ada 2.500 orang yang baru saja mendarat dari China dan telah melakukan proses karantina. Mereka diminta untuk tidak keluar dari tempat tinggalnya dan pemerintah setempat diberi tugas melakukan pengawasan menggunakan teknologi tersebut.

Sistem pengenalan wajah sebenarnya bukan baru kali ini digunakan. Teknologi ini, lanjut Sobyanin, sudah digunakan sejak sebulan lalu. Penggunaannya merupakan bagian dari program pengawasan keamanan kota.

Di sisi lain, Pemerintah Rusia telah melaporkan bahwa sudah ditemukan dua warga China yang mengidap virus corona di negaranya. Kabarnya, kedua orang itu sudah pulih dan telah keluar dari rumah sakit. Selain itu, Negeri Beruang Putih itu juga untuk sementara ini melarang warga China masuk ke negaranya.

(mim)
preload video
KOMENTAR ANDA
Top