Arkeolog Vonis Letusan dari Tanah Batak Musnahkan Manusia Purba

Rabu, 26 Februari 2020 - 14:03 WIB
Arkeolog Vonis Letusan dari Tanah Batak Musnahkan Manusia Purba
Arkeolog Vonis Letusan dari Tanah Batak Musnahkan Manusia Purba
A A A
MEDAN - Para ilmuwan peneliti gunung memvonis bahwa letusan gunung Toba 70.000 tahun yang lalu merupakan letusan gunung berapi yang berada di muka bumi ini.

Letusan Gunung Toba di Indonesia dikatakan 5.000 kali lebih besar dari letusan Gunung St Helens pada 1980-an dan menyebabkan hampir punahnya spesies kita.

Alat-alat batu yang ditemukan di situs arkeologi Dhaba menunjukkan letusan super Toba membunuh lebih sedikit populasi manusia daripada yang diperkirakan sebelumnya

Tetapi meskipun skala bencana, lebih banyak manusia selamat dari letusan super Toba dari yang diperkirakan sebelumnya, penelitian baru menunjukkan.

Studi yang dipublikasikan di Nature Communications, menunjukkan Homo sapiens hadir di Asia lebih awal dari yang diharapkan dan bahwa super-letusan Toba tidak se-apokaliptik seperti yang diyakini pertama kali.

Ini menggambarkan catatan unik 80.000 tahun lapisan batu dari situs Dhaba di Lembah Putra Tengah India utara.

Alat-alat batu yang ditemukan di Dhaba sehubungan dengan waktu acara Toba menunjukkan bahwa populasi pengguna alat Palaeolitik Tengah hadir di India sebelum dan setelah 74.000 tahun yang lalu.

Profesor Jagannath Pal, dari Universitas Allahabad di India, mengatakan: "Meskipun abu Toba pertama kali diidentifikasi di Lembah Son pada tahun 1980-an, sampai sekarang kami tidak memiliki bukti arkeologis yang terkait, sehingga situs Dhaba mengisi celah kronologis utama . " tuturnya seperti dilansir dari The Sun, Rabu (26/2/2020).

Gunung Toba memuntahkan sejumlah besar abu dan batu ke atmosfer Bumi dan diperkirakan telah memicu "musim dingin vulkanik" yang berlangsung enam hingga 10 tahun.

Penulis utama Profesor Chris Clarkson dari University of Queensland menambahkan: "Populasi di Dhaba menggunakan alat-alat batu yang mirip dengan toolkit yang digunakan oleh Homo sapiens di Afrika pada saat yang sama.

"Fakta bahwa toolkit ini tidak hilang pada saat letusan super Toba atau berubah secara dramatis segera setelah menunjukkan bahwa populasi manusia selamat dari bencana yang disebut dan terus menciptakan alat untuk memodifikasi lingkungan mereka."

Para peneliti mengatakan temuan mereka mendukung bukti fosil bahwa manusia bermigrasi keluar dari Afrika dan berkembang di Eurasia sebelum 60.000 tahun yang lalu.

Ini juga mendukung temuan genetik yang dikawinkan manusia dengan spesies purba hominin, seperti Neanderthal, sebelum 60.000 tahun yang lalu.
(wbs)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7684 seconds (0.1#10.140)