Motor Mogok Karena Menerjang Banjir? Coba 'Resep' Tokcer Ini

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:25 WIB
Motor Mogok Karena Menerjang Banjir? Coba Resep Tokcer Ini
Motor Mogok Karena Menerjang Banjir? Coba 'Resep' Tokcer Ini
A A A
JAKARTA - Berdasarkan perkiraan cuaca dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) yang dilansir melalui situs resminya, warga diimbau untuk mewaspadai banjir di bulan Maret, April dan Mei 2020.

Bagi para pemotor, banjir juga persoalan yang sulit mereka hindari. Tingginya genangan terpaksa harus diterjang agar mereka bisa sampai ke tujuan atau rumah. Imbasnya, motor mogok lantaran air banjir yang masuk ke filter udara ataupun busi.

Motor mogok setelah menerjang banjir akan tambah menjadi masalah jika tidak ada bengkel terdekat yang bisa membantu memperbaikinya. Untuk itu, diperlukan cara cepat dan praktis yang bisa kita lakukan sendiri dalam menanggulangi masalah tersebut tanpa bantuan orang lain.

Menurut Tomi Tambrani, Marketing Manager Brand Rexco, air yang masuk ke dalam busi akan menyebabkan proses pembakaran mesin tidak bekerja. Busi sendiri bertugas menyokong pengapian pada mesin. Jika kemasukan air maka tidak ada api di ruang bakar dan ini yang menyebabkan motor mogok. "Agar busi kembali normal kami menyarankan menggunakan pelumas yang dapat memproteksi dan memisahkan busi dari air agar proses pengapian kembali berjalan baik," saran Tomi.

Untuk itu, lanjut dia, para pengendara sepeda motor agar selalu menyiapkan pelumas serbaguna seperti Rexco 50. Pelumas serbaguna itu bisa disimpan di bawah jok atau bagasi motor sebagai pertolongan pertama saat motor mogok.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6723 seconds (0.1#10.140)