alexametrics

Lebih Murah, iFixit Luncurkan Layar LCD untuk iPhone Terbaru

loading...
A+ A-
CUPERTINO - Pada 2017, Apple memperkenalkan iPhone X yang merupakan handphone pertama yang hadir dengan layar OLED. Layar self-illuminating ini memiliki keunggulan lebih tipis, kontras warna tinggi, dan kecepatan respons yang cepat.

Selain itu, karakteristik bahannya yang fleksibel juga membuatnya cocok untuk ponsel layar penuh. Sampai iPhone 11 Pro seri tahun lalu, semua iPhone andalan Apple menggunakan layar ini.

Meskipun keunggulan tampilan OLED luar biasa, ternyata perangkat memiliki banyak kekurangan. Misalnya, masalah seperti burn-in dan flicker adalah kelemahan umum dari layar tersebut.



iFixit yang dikenal sebagai pakarnya perbaikan handphone, baru-baru ini memberikan opsi baru bagi pengguna yang membenci layar OLED. Mereka merekomendasikan layar LCD untuk iPhone X, iPhone XS, dan iPhone XS Max.

Harga masing-masing Rp1,1 juta, Rp1,2 juta, dan Rp2,3 juta. Sejak kedatangan iPhone X, biaya perbaikan layar Apple meningkat secara signifikan. Pada titik ini, harganya antara Rp3,9 juta-Rp4,6 juta untuk mendapatkan OLED iPhone X, XS, dan 11 Pro Max.

Bagi mereka yang menggunakan iPhone X, XS, atau XS Max, iFixit menawarkan opsi baru yang akan menghemat banyak uang. "Kami sekarang menawarkan opsi layar LCD untuk iPhone X, XS, dan XS Max. LCD ini kurang dari setengah harga model OLED yang kami jual. Mereka sedikit lebih gelap (sekitar 50 nits), resolusinya sedikit lebih rendah, dan rasio warna dan kontras tidak akan sama," kata iFixit.

Perusahaan juga memberikan beberapa alasan mengapa Anda bisa memilih layar LCD ini. "Tetapi Anda mungkin ingat bahwa, sampai beberapa tahun yang lalu, sebagian besar ponsel memiliki layar LCD, termasuk ponsel yang mungkin pasar sukai. Apple terutama terjebak dengan layar LCD saat Samsung bereksperimen dengan OLED awal, dan Apple masih menggunakan LCD di iPhone 8 dan model XR," katanya.

Secara umum, layar LCD sebenarnya lebih lemah dari layar OLED dalam hal tampilan dan nuansa yang sebenarnya. Ini mencerminkan kecerahan rendah, kontras warna rendah, dan resolusi rendah. Selain itu, mengganti layar LCD juga berarti bahwa fungsi warna asli tidak akan aktif. Fitur ini dapat secara otomatis menyesuaikan warna dan kecerahan layar perangkat agar sesuai dengan lingkungan.
(mim)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top