Malware Ancam 1 Miliar Handphone Android, Ini Cara Mengatasinya

Senin, 09 Maret 2020 - 07:34 WIB
Malware Ancam 1 Miliar Handphone Android, Ini Cara Mengatasinya
Malware Ancam 1 Miliar Handphone Android, Ini Cara Mengatasinya
A A A
JAKARTA - Keamanan adalah salah satu aspek kunci dalam pengalaman menggunakan smartphone, meskipun biasanya tidak diketahui sampai saat kita sudah menjadi korban serangan siber. Dalam artikel ini, kita akan berbicara tentang risiko keamanan pada perangkat Android.

Lebih dari 1 Miliar Perangkat Android Berisiko
Menurut sebuah studi dari Who?, sebuah perusahaan Inggris yang mengkhususkan diri dalam konsumsi, 2 dari 5 ponsel aktif akan memiliki masalah keamanan besar. Mengingat jumlah Android resmi, maka jumlah akan melebihi 1 miliar perangkat berisiko.

Laman Phone Arena melaporkan, penelitian ini telah menggunakan nomor versi Android sebagai titik tolak, mengingat Google terus-menerus menerbitkan pembaruan keamanan untuk versi dari Android mulai 7.0 dan seterusnya. Ini berarti 42,1% ponsel tidak menerima, atau menerima, pembaruan keamanan. Dalam 2,5 miliar pengguna Android, jumlah pengguna yang ketinggalan zaman mencapai 1,1 miliar.

Dalam studi, mereka mengambil alih 5 handphone lama dan berkolaborasi dengan AV-Comparatives, sebuah perusahaan yang khusus melakukan tes antivirus. Di semua ponsel yang diuji, mudah untuk dilakukan serangan malware Joker dan Bluefrag.

Mengenai Google, mereka telah menekankan pentingnya Project Treble dan Project Mainline, inovasi terbaru perusahaan yang membuat sistem lebih modular. Ini adalah sesuatu yang akan memperbaiki banyak masalah karena pengguna akan menerima peningkatan keamanan tanpa menyadarinya.

Sayangnya proyek tidak perkembangan sesuai keinginan. Fitur telah tiba pada handset berbasis Android 8, 9, dan 10 dan ternyata Treble dan Project Mainline tidak memperbaiki masalah pengguna hingga saat ini.

Tips Keamanan Handphone Android
Berhati-hatilah dengan apa yang Anda unduh:
Di era sekarang, faktor risiko terbesar ada pada unduhan aplikasi yang tidak dapat diandalkan. Sebagai filter, Google Play Protect tidak sempurna dan dalam banyak kasus ada aplikasi yang mungkin berpotensi menyelinap masuk.

Pengguna ponsel Android juga jangan mengandalkan salinan aplikasi yang sangat populer atau versi "gratis" dari aplikasi berbayar.

Perhatikan di mana Anda mengklik:

Serangan phishing biasanya mereplikasi email dan halaman tepercaya dengan latar belakang gelap. Hindari memiliki informasi penting di ponsel yang pembaruan keamanan terakhirnya dua tahun atau lebih lama, pengguna disarankan menghindari informasi yang tidak ingin dijebol. Penekanan di sini, khusus pada informasi pembayaran.

Cadangkan Data:

Beberapa serangan mampu membajak informasi pemilik handphone. Anda mengenalnya sebagai ransomware. Karena itu pengguna Android disarankan memiliki beberapa
cadangan pada perangkat berbeda.

Hingga batas tertentu, Anda dapat menggunakan antivirus. Meskipun memang benar bahwa secara umum tidak perlu bagi Anda untuk memiliki antivirus. Tetapi pada perangkat yang sudah usang dalam pembaruan keamanan mungkin bisa membantu.
(mim)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2699 seconds (0.1#10.140)