alexametrics

Elon Musk Geram Satelit Starlink Disebut Mengganggu

loading...
A+ A-
CALIFORNIA - Puluhan ribu satelit kecil direncanakan akan memasuki orbit rendah dari Bumi, pada tahun-tahun mendatang. Namun, sepertinya para astronom tidak menyukai rencana tersebut, karena dikhawatirkan akan mengganggu pekerjaan mereka.

Salah satu tugas astronom adalah mengawasi apapun yang terjadi di luar angkasa. Dengan keberadaan satelit-satelit tersebut, astronom khawatir satelit dapat menjadi media yang memantulkan sinar Matahari, sehingga menyulitkan pandangan mereka. Selain itu, satelit juga dirasa mengganggu panjang gelombang radio yang mereka gunakan.

Pendapat lain datang dari Elon Musk, pendiri sekaligus CEO SpaceX dan Tesla. Menurutnya, kehadiran satelit-satelit itu tidak akan mengganggu pekerjaan astronom. Musk merupakan pemimpin dari proyek Starlink yang akan mengerahkan 42 ribu satelit untuk jaringan internet.



“Nol (gangguan terhadap astronot). Itu prediksi saya. Jika ada, kami akan mengambil tindakan korektif,” jelas Musk, dalam sebuah konferensi di Washington D.C, dikutip dari Digital Trends, Rabu (11/3/2020).

Alasan yang memperkuat pernyataannya itu karena hasil eksperimen SpaceX telah menciptakan desain satelit yang berbeda dari sebelumnya, karena dapat mengurangi kecerahan. Caranya dengan fitur lapisan khusus, yang membuat satelit tidak terlalu memantulkan sinar Matahari.

Sistem ini dianggap menjadi pilihan yang paling efisien dalam mengatasi hal tersebut, dan diharapkan dapat diterapkan oleh semua satelit Starlink saat bergerak maju. Sebab, masalah lain yang dihadapi para astronom adalah jejak cahaya yang ditinggalkan satelit saat melintas.
(wbs)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top